Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Khatam Alquran di Badan Kepegawaian Daerah DIY

BKD DIY (22/06/2017) -

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah, karena di dalamnya terkandung beribu kebaikan. Tidak heran pada bulan ini semua umat Islam berlomba-lomba mencari kebaikan. Salah satu amalan selama bulan Ramadhan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW disertai dengan dalil shohih yang menjadi acuan amaliyah adalah tilawah/membaca Alquran di bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda yang artinya, “ Barangsiapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dengan huruf itu, dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Aku tidaklah mengatakan Alif Laam Miim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

            Mengacu pada hadist tersebut dalam rangkaian ibadah Ramadhan yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah adalah tilawah/membaca Alquran. Membaca Alquran secara bersama-sama dilaksanakan setelah melaksanakan Sholat Dzuhur. Karyawan-karyawati yang mempunyai waktu senggang bergabung untuk membaca Alquran dan dibagi untuk laki-laki membaca  juz ganjil sedangkan perempuan membaca juz genap. Membaca Alquran dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Kamis dan pada hari Kamis tanggal 22 Juni 2016 alhamdulillah telah berhasil menyelesaikan sampai juz 30 / khatam Alquran. Khatam Alquran ditutup dengan doa khatam Alquran yang dipimpin oleh Drs. Harry Susan Pujiraharjo, MA, MAP.

            Semoga dengan membaca Alquran dapat menambah ketentraman dan kenyaman kerja di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah. Hal ini sesuai dengan hadist, Rasulullah bersabda yang artinya, “Tidaklah berkumpul sebuah kaum di salah satu rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya, kecuali akan turun ketentraman kepada mereka, diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat dan Allah akan menyebut mereka ke hadapan makhluk di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang sia – sia semata”

Semoga kita bisa bertemu lagi di Bulan Ramadhan selanjutnya dan dapat beribadah lebih baik lagi Aamiin.(Nov)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*