Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Kunjungan Tamu Siswa SMK N 2 Palangkaraya ke BKD DIY

BKD DIY (27/03/2018) -

Bertempat di ruang rapat D Gedung Arsip Badan Kepegawaian Daerah DIY, BKD DIY menerima kunjungan industri siswa SMK Negeri 2 Palangkaraya.  Kunjungan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 15 Maret 2018. Kunjungan diikuti oleh 62 siswa-siswi SMK dan 4 guru pembimbing.  Rombongan ditemui oleh Sekretaris BKD DIY Prapto Nugroho, SH, Kepala Bidang Tata Usaha Kepegawaian Drs. Wijang Subekti, M.Si dan Kepala Subbagian Umum  Atik Sudarmi,SIP.  Rombongan dipimpin oleh  Theresia Zusfenty, S.Pd, M.Si. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengenal dan mempelajari tentang “Pengadministrasi Kepegawaian”. Materi kunjungan yang dipelajari antara lain prosedur administrasi pengurusan surat masuk dan keluar, pengenalan jenis surat, membedakan surat masuk dan keluar serta tata cara persuratan pola lama dan pola baru. Selain itu, siswa juga mempelajari tentang sistem penyimpanan arsip/surat yaitu memilih sitem penyimpanan yang sesuai dan proses penyimpanan dan penemuan kembali surat/arsip.

Sekretaris BKD menyampaikan bahwa Badan Kepegawaian Daerah DIY mempunyai tugas mengelola Sumber Daya Manusia di lingkungan Pemda DIY.  Pengelolaan SDM dari penerimaan CPNS sampai dengan pensiun.  Kepala Bidang TUK menyampaikan bahwa naskah dinas/ surat kepegawaian keputusan dikelola oleh bidang TUK dan disimpan di gedung arsip BKD DIY. Media penyimpanan  dokumen memanfaatkan teknologi informasi maupun manual. Kepala Subbagian Umum Atik Sudarmi menyampaikan profil BKD DIY, surat masuk dan keluar, jenis –jenis surat dan juga mempresentasikan  e-office Pemda DIY yaitu SISMINKADA (Sistem Administrasi Perkantoran Daerah).

 

Setelah penyampaian materi acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Siswa nampak antusias untuk bertanya kepada narasumber, namun   karena  waktu tidak cukup maka siswa dipersilahkan membuat daftar pertanyaan dan dikumpulkan serta akan dijawab melalui email. Kunjungan industri ini diakhiri dengan kunjungan ke unit-unit pengolah. Perwakilan siswa juga mengunjungi tempat menyimpan arsip kepegawaian di Gedung Arsip lantai 2. Kunjungan ini bermanfaat untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa tentang pengelolaan surat dan arsip kepegawaian sehingga dapat ikut mencerdaskan bangsa sebagai tanggung jawab bersama. (nov)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*