Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Pelatihan Kewirausahaan PNS Calon Pensiun Periode Januari – Juni 2018

BKD DIY (04/10/2017) -

Badan Kepegawaian Daerah DIY bekerja sama dengan Bank Mandiri Taspen Pos Cabang Yogyakarta mengadakan Pelatihan Kewirausahaan PNS Calon Pensiun Periode Januari – Juni 2018. Terdapat 2 (dua) jenis pelatihan yang ditawarkan melalui surat resmi dari BKD DIY yaitu Pelatihan Kewirausahaan Budidaya Jamur dan Pelatihan Kewirausahaan Peternakan Ayam Petelur yang kemudian dipilih untuk dapat diikuti oleh PNS calon Pensiun. Pelatihan diadakan selama 2 (dua) hari dengan total peserta pelatihan sebanyak 92 orang yang terdiri dari PNS Calon Pensiun berbagai  Dinas/ Badan/ Kantor/  Biro/ Sekretriat DPRD maupun Sekretariat KPU.

a.    Hari Pertama, Selasa tanggal 19 September 2017

 

Pelatihan Kewirausahaan Budidaya Jamur diadakan pada hari pertama dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 50 orang, bertempat di kediaman Bp. Hariyono Purwanta yang merupakan pengusaha Budidaya Jamur sekaligus sebagai narasumber. Pukul 07.30 WIB para peserta pelatihan sudah berkumpul di Kantor BKD DIY untuk presensi. Kemudian pukul 08.00 WIB berangkat menuju lokasi pelatihan yang berada di Jl. Kaliurang km. 12, 5 Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta dengan menggunakan 2 (dua) bus yang telah disiapkan oleh panitia pelatihan. Setelah tiba di lokasi, acara dimulai dengan penyampaian materi dari Bank Mantap tentang berbagai penawaran yang menguntungkan bagi para PNS calon pensiun kemudian dilanjutkan dengan Materi Kewirausahaan. Pada sesi ini para peserta pelatihan diperkenalkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan budidaya jamur dan olahannya khususnya mengenai jamur tiram mulai dari proses pembuatan media tanam, cara pemeliharaan, cara memanen, proses pemasaran, perencanaan biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jamur serta berbagai macam olahan jamur yang dapat dibuat untuk meningkatkan nilai jual dari jamur yang dibudidayakan. Peserta pelatihan juga diberi kesempatan untuk melihat langsung bagaiman proses budidaya jamur tiram mulai dari pembuatan media tanam sampai cara memanen. Di akhir acara, para peserta dijamu dengan berbagi macam olahan jamur seperti sate jamur, keripik jamur, pepes jamur dan gule jamur. Peserta juga dapat membeli hasil panen jamur tiram dan olahannya berupa keripik jamur sebagai oleh-oleh.

b. Hari ke-2 (dua), Rabu tanggal 20 September 2017

Pada hari kedua, pelatihan yang diselenggarakan adalah Pelatihan Kewirausahaan Ayam Petelur yang  bertempat di kediaman Bp. Agus Angkasawan, peternak sekaligus narasumber pelatihan yang beralamat di Sanggrahan Ringinharjo Bantul Yogyakarta. Peserta pelatihan sebanyak 42 orang, berangkat dari Kantor BKD DIY pada pukul 08.00 WIB dengan menggunakan 2 (dua) bis. Seperti halnya pelatihan pada hari pertama, setelah tiba di lokasi acara dimulai dengan penyampaian materi dari Bank Mantap dan dilanjutkan dengan penyampaian materi kewirausahaan. Pada sesi penyampaian materi kewirausahaan, para peserta pelatihan diperkenalkan dengan awal mula usaha peternakan ayam petelur, perkembangan usaha, permodalan, pemeliharaan ayam, pengelolaan limbah, distribusi telur serta omzet yang dihasilkan. Acara dilanjutkan dengan berkeliling melihat peternakan ayam petelur milik Bp. Agus Angkasawan diselingi sharing tentang kesuksesan serta kesulitan yang dialami dalam berbisnis ayam petelur.  

            Berakhirnya masa tugas atau pensiun biasanya menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi bagi para pegawai. Dampak sosial biasanya terjadi karena adanya perubahan pola kehidupan sosial dan lingkungan yang mungkin berbeda dengan kehidupan dan lingkungan ketika masih aktif bekerja, sedangkan dampak ekonomi akan sangat dirasakan jika tidak ada persiapan matang mengenai perencanaan keuangan karena pemasukan mungkin sangat berbeda dibandingkan ketika mereka masih aktif bekerja. Hal itulah yang mendasari kerjasama antara BKD DIY dan Bank Mantap memberi bekal berupa pelatihan kewirausahaan kepada para PNS calon pensiun dimana didalam acara tersebut para narasumber berbagi ilmu pengetahuan serta motivasi yang bermanfaat secara praktis dalam kehidupan setelah tidak lagi bekerja. (Inung)

 


 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*