Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Pembekalan Calon Pensiun Periode Juli – Desember 2018

BKD DIY (23/11/2017) -

 

Pembekalan pensiun periode Juli - Desember 2018 dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 16 November 2017 di Rasamala Ballroom Hotel Gowongan Inn Yogyakarta yang beralamat di Jl. Gowongan Kidul No. 50 Yogyakarta. Acara ini dibagi menjadi 2 (dua) gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, tanggal 13 dan 14 November 2017, gelombang II dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 15 dan 16 November 2017. Masing-masing gelombang diikuti oleh 200 peserta calon pensiun dari berbagai instansi yang berada di lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

 

Acara pembekalan pensiun dimulai dengan sesi pendaftaran pada pukul 07.30 WIB dilanjutkan dengan coffee break. Pada sesi berikutnya yaitu pembukaan disertai ceramah umum yang disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, R. Agus Supriyanto. Dalam ceramahnya, beliau berpesan agar para peserta pembekalan dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan seksama sehingga apa yang disampaikan pada orientasi ini dapat bermanfaat dan membuka wawasan. Beliau juga berharap tujuan kegiatan ini dapat tercapai yaitu untuk mempersiapkan PNS yang akan memasuki masa pensiun agar mampu menyesuaikan diri dan menerima perubahan lingkungan, mempunyai alternatif dan berani mengambil keputusan untuk melakukan aktivitas yang positif.

 

Beberapa narasumber mengambil peran dalam acara pembekalan calon pensiun ini. Pada hari pertama, acara diisi dengan materi yang disampaikan oleh Dra. Untung Purwaningsih dari Kanreg I BKN Yogyakarta. Beliau menyampaikan berbagai hal yang berkaitan dengan administrasi persiapan pensiun, termasuk cara mengisi Data Perorangan Calon Penerima Pensiun, cara menghitung masa kerja pensiun maupun masa kerja golongan. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Sosialisai Layanan THT dan Pensiun oleh M. Agung Nugroho dari PT Taspen Cabang Yogyakarta dilanjutkan paparan mengenai berbagai produk perbankan dari Bank Mantap oleh Agus Suyana. Setelah ISHOMA acara dilanjutkan dengan Wawasan Kewirausahan yang disampaikan oleh Drs. Taufik Hermanto dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, dan Materi dari Bank BPD DIY oleh Agus Ardianto dan tim.

 

Hari ke-2 (dua) acara pembekalan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan materi pertama  Psikologi “Membangun Pensiun Bahagia, Sukses dan Mulia” oleh Drs. Sentot H Ali dilanjutkan penyampaian materi dari PWRI oleh Drs. Abdul Rochim. Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional oleh Ahmad Sofwan dari BPJS Kesehatan  menjadi materi penutup sebelum ISHOMA. Pada pukul 13.00 WIB, para peserta pembekalan pensiun masuk kembali ke ruangan untuk menerima materi dari RS Jiwa Grhasia yang disampaikan oleh dr. Rommy Rabbany M tentang cara praktis menjaga kesehatan terutama setelah memasuki masa pensiun. Arya Budi Kusuma dan tim dari BRI KCP UGM mengisi sesi terakhir sebelum penutupan dengan materi “Masa Purna Sejahtera Bersama BRI”. Acara pembekalan calon pensiun gelombang pertama berakhir pada pukul 15.30 WIB dengan ditutup oleh Kepala Bidang Mutasi BKD DIY, Harry Susan Pujiraharjo, MA, MAP.

 

Pembekalan calon pensiun gelombang II dilaksanakan dengan rundown acara sama seperti pada gelombang pertama. Namun ada pemateri yang bergantian dalam mengisi acara, seperti Antonius Juwanto dari Kanreg I BKN Yogyakarta,  Venny Hidayati yang mengisi materi psikologi dan Ardian Djaja dari BPJS Kesehatan.

 

Kegiatan pembekalan ini sendiri bertujuan untuk memberikan informasi dan inspirasi agar pegawai calon pensiun merasa optimis dan menemukan rasa percaya diri ketika memasuki masa pensiun. Selain itu diharapkan pegawai mampu menggali potensi diri untuk menemukan aktivitas baru yang sesuai dengan minat bakat serta memberikan kebahagiaan tersendiri sehingga dapat menciptakan peluang usaha untuk mengisi masa pensiun dengan lebih baik. (inunk)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*