Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Pemetaan Kompetensi ASN Pemda DIY

BKD DIY (14/09/2017) -

Dalam rangka mengemban amanah Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Pemda DIY melalui Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai–BKD DIY menyelenggarakan pemetaan kompetensi bagi ASN di lingkungan Pemda DIY. Kegiatan yang diikuti oleh 656 orang pengawas (eselon 4) dan pelaksana ini berlangsung dari tanggal 28 Agustus sampai dengan 22 September 2017.

Pemetaan pegawai sebagai bagian dari manajemen talenta merupakan proses menuju Sistem Merit. Sistem Merit adalah kebijakan dan Manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan. Manajeman ASN dengan Sistem Merit akan membandingkan antara kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang dibutuhkan oleh jabatan dengan kualifikasi, kompetens serta kinerja yang dimiliki oleh calon dalam rekruitmen, pengangkatan, penempatan dan promosi pada jabatan yang dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif. Hal ini sejalan dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

Menurut PP Nomor 11 Tahun 2017 pasal 134 apabila instansi pemerintah telah melakukan Sistem Merit maka untuk pengisian JPT tidak perlu lagi melalui seleksi terbuka karena kandidat yang akan mengisi jabatan kosong sudah tersedia dalam database sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Gambaran pegawai yang kompeten atau kurang kompeten akan diperoleh melalui kegiatan pemetaan pegawai ini. (Neti)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*