Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

PEMETAAN POTENSI DAN KOMPETENSI PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMDA DIY TAHUN 2018

BKD DIY (11/04/2018) -

Pada tahun 2018 ini, Pemda DIY kembali melakukan pemetaan potensi dan kompetensi pegawai dengan melaksanakan tes psikologi dan wawancara. Tes psikologi dilakukan pada tanggal 12 s/d 16 Maret 2018 sedangkan wawancara dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 20 April 2018 di Badan Kepegawaian Daerah DIY. Pemetaan ini diikuti oleh 300 orang pegawai dengan golongan minimal III/c dengan rincian 21 orang pengawas (eselon IV) dan 279 orang pelaksana. Acara dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY yang diwakili Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, Drs. Eko Nuryanta.  Kepala Badan Kepegawaian Daerah dalam sambutan tertulisnya menyampaikan bahwa kegiatan pemetaan ini berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 sesuai Pasal 165 ayat (4) huruf b, bahwa Instansi Pemerintah harus menyusun profil PNS yang meliputi juga tentang kompetensi pegawai.

Maksud dan tujuan pemetaan dengan Metode Tes Psikologi dengan Wawancara adalah sebagai upaya meletakkan dasar bagi pengelolaan dan pengembangan karir sumberdaya aparatur yang profesional menuju manajemen PNS berdasar sistem merit. Sesuai tujuan tersebut maka ke depan seluruh pegawai akan menjalani tes/pengukuran untuk mendapatkan peta kompetensi pegawai DIY secara lengkap. Kegiatan seperti ini akan berlanjut hingga seluruh pegawai terpetakan potensi dan kompetensinya. Peta potensi dan kompetensi yang dihasilkan nanti akan menunjukkan gambaran kompetensi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengambilan kebijakan dalam penataan/penempatan, pengembangan kompetensi melalui program diklat, dan pengembangan karir pegawai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY berharap semua peserta menjalani tes psikologi dan wawancara dengan sungguh-sungguh sehingga gambaran potensi dan kompetensi yang dihasilkan menceminkan keadaan yang sebenarnya. Kerjasama peserta sangat membantu kelancaran pengambilan data untuk pengukuran potensi dan kompetensi yang bersangkutan.

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*