Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

PERAN WANITA DI MASA KINI

BKD DIY (15/12/2015) -

Pada zaman teknologi informasi sekarang ini, sosok wanita karir yang sukses merupakan fenomena umum mulai dari kota-kota besar, walaupun sebagai  seorang ibu rumah tangga. Memang tidak sedikit yang menjalani fungsi ganda, sebagai wanita karir maupun sebagai ibu rumah tangga. Bagi yang pintar mensiasati waktu, sukses dalam dua bidang tersebut bukanlah hal yang mustahil, tetapi kesuksesan keduanya bukanlah sesuatu yang mudah. Seringkali wanita tersebut mengalami kewalahan dalam membagi waktu, tak jarang harus mengalami salah satu kegagalan. Saat pada kondisi ini wanita terpaksa harus memilih rumah tangga atau karir?

Memang tidak mudah memainkan peran sebagai wanita karir atau wanita pekerja sekaligus ibu rumah tangga yang baik. Karena kedua dunia itu memiliki tuntutan dan konsekuensi yang sama beratnya. Banyak insitusi atau lembaga menilai bahwa pegawai wanita setelah menikah dan mempunyai anak kurang profesional dalam bekerja. Sering datang terlambat ke kantor dengan berbagai alasan, yang disebabkan mengurus anggota keluarga  suami dan anak.

Namun banyak wanita selalu mengimpikan keberhasilan dalam kedua bidang tersebut dan berusaha keras untuk mencapainya. Sulit memang, tapi  bukan tidak mungkin Anda sebagai wanita dapat meraihnya. Bagaimanakah caranya :

Pertama sekali kita harus bertanya pada diri kita sendiri Apakah setelah saya menikah atau mempunyai anak, masih ingin melanjutkan karir yang selama ini selalu diimpikan, Kalau jawabanya “Iya” berarti kita harus memiliki komitmen dan sikap konsisten terhadap pilihan yang kita ambil. Dengan bertanggung jawab yang penuh terhadap tugas-tugas yang diberikan oleh kantor atau perusahan kepada kita tanpa melalaikan urusan rumah tangga. Dan dengan perasaan tidak pernah merasa terbebani dengan tugas kantor dan rumah tangga. Jadikan pekerjaan sebagai bagian dari rutinitas hidup, dan menikmati peran ganda sebagai wanita karir dan wanita rumah tangga.

Berikut ini beberapa hal yang perlu di  perhatikan jika ingin tetap menjadi seorang pekerja profesional tapi tetap bisa jadi “supermom” bagi keluarga.

1.  Manajemen Waktu

Ini merupakan hal paling penting jika memutuskan untuk menjalani dua profesi sekaligus. Sesibuk dan setinggi apa pun jabatan di kantor, harus diingat bahwa Anda seorang istri dan seorang ibu yang harus menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga dan membantu pekerjaan rumah si buah hati.

 

2. Bersikap Profesional

Jadilah profesional, usahakan agar waktu bekerja tidak mengganggu waktu bersama keluarga. Sebaliknya, jangan biarkan urusan keluarga mengganggu pekerjaan Anda.

Membuat skala prioritas mungkin bisa membantu Anda menentukan mana yang harus didahulukan.

3. Jaga Pola Hidup

Menjaga pola hidup wajib dilakukan untuk seorang wanita karier yang juga seorang ibu. Makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, serta luangkan waktu untuk berolahraga merupakan cara yang baik untuk menyeimbangkan kesibukanAnda di kantor dan saat di rumah mengurus keluarga.

4. Me Time

Anda juga perlu memberikan waktu untuk diri  sendiri. Luangkan waktu sebentar dari keramaian dan menyendirilah, lakukan aktivitas yang  mampu untuk membuat kita  menjadi

rilex dan santai.

5. Jaga Emosi

Tuntutan pekerjaan di kantor yang cukup berat biasanya membuat wanita lebih sensitif, jadi jagalah emosi Anda baikbaik. Tak adil jika Anda melampiaskan kekesalan di kantor kepada buah hati saat ia mengajak Anda bermain atau mengerjakan tugasnya dari sekolah.

Saat  menjadi ibu rumah tangga jadilah ibu seutuhnya lakukan aktivitas dengan sebaik mungkin dan ketika menjadi wanita karir  bekerjalah secara profesional. Menjadi ibu rumah

tangga dan sebagai wanita karir dibutuhkan keseimbangan pola hidup dan kerja.

(Diambil dari berbagai sumber. program-iin)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*