Kumpulan Artikel BKD D.I. Yogyakarta

Ramadhan Bulan Penuh Berkah Telah Tiba

Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah telah tiba, Bulan Ramadhan mengajarkan setiap perbuatan dalam kehidupan diharuskan sungguh-sungguh dalam beribadah, menetapkan niat yang berisi tujuan kenapa dilakukannya puasa, tujuan puasa adalah untuk melatih diri kita agar dapat menghindari dosa-dosa di hari yang lain di luar bulan Ramadhan.

Kalau tujuan tercapai maka puasa berhasil, tapi jika tujuannya gagal maka puasa tidak berarti apa-apa, jadi kita terbiasa berorientasi dalam melakukan segala macam amal ibadah.

Bulan Ramadhan bulan yang menunjukkan pada manusia untuk seimbang dalam hidup, di bulan Ramadhan kita bersemangat untuk menambah amal-amal ibadah dan amal-amal sunat lainnya, di bulan Ramadhan kita diajarkan hidup seimbang, antara pekerjaan dan Ibadah. pekerjaan untuk kepentingan dunia dan Ibadah untuk kepentingan akhirat.

Bulan Ramadhan mengajarkan pada kita akan pentingnya rasa syukur atas nikmat-nikmat yang diberikan pada kita.

Hikmah yg diperoleh dari ajaran berpuasa Ramadan nilai kesalehan selalu berada pada jaringan sosial masyarakat dilandasi oleh kualitas iman dan takwa. Sehingga dalam kalbu kita tumbuh pribadi yg kuat senantiasa ikhlas beramal dan bukan pribadi yg selalu menjadi beban orang lain. Kondisi sekarang kesalehan sosial yg berwujud rasa peduli terhadap merebaknya kemiskinan terlihat jelas konteksnya.

Sebagaimana firman Allah Swt “Hai orang-orang yg beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana di wajibkan atas orang-orang sebelum kami agar kamu bertakwa.” . Di sinilah kekuatan iman dan takwa seorang Muslim diuji sehingga jelas nilai takwa seorang Muslim terangkat pada derajat hidup manusia ke dalam orientasi kehidupan duniawi dan keakhiratan.

Allah Swt berfirman Dan carilah pada apa yg telah dianugerahkan Allah kepadamu kebahagian negeri akhirat dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari kenikmatan dunia.” . Dari sana pula pendekatan yg fleksibel sesama umat dijalin dgn batas pengertian tertentu yakni berpegang pada pokok akidah yg kita yakini sehingga upaya mengangkat kemiskinan terwujud dengan semangat kebersamaan dan solidaritas yg tinggi dalam implementasi wadah puasa Ramadan yg penuh rahmat ampunan dan barokah.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233