Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Deteksi Dini (Screening) Penyakit Tidak Menular (PTM) Pegawai Badan Kepegawaian Daerah DIY

Salah satu program nasional dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat adalah pencanangan program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). GERMAS merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari; 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.  

Oleh karena itu dalam rangka mendukung GERMAS untuk meningkatkan kualitas hidup, Posbindu Narapraja Badan Kepegawaian Daerah DIY menyelenggarakan Deteksi Dini atau Screening Kesehatan bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan  Kementerian Kesehatan (Poltekes Kemenkes) Yogyakarta. Screening dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2019 bertempat di Loby Gedung Arsip Badan Kepegawaian Daerah DIY. Kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan Posbindu Narapraja BKD DIY, minimal 2 kali dalam satu tahun.

Target peserta screening sebanyak 90 orang terdiri dari PNS/Non PNS, Pegawai Penjaga Keamanan (Satpam) dan Pegawai Cleaning Service serta Pegawai Pemeliharaan Taman. Dari target tersebut yang dapat mengikuti sebanyak 70 orang karena beberapa PNS/Pegawai sedang menjalankan tugas dinas yang tidak bisa ditinggalkan.

Screening/Tes Kesehatan meliputi Timbang Berat Badan, Ukur Tinggi Badan, Ukur Lingkar Perut, Ukur Tekanan Darah, Perhitungan IMT, Ukur Kolesterol dan Ukur Gula darah. Selain itu juga dilakukan survey kesehatan yaitu dengan mengisi kuesioner sebanyak 4 halaman.

Dalam sesi wawancara yang dilakukan oleh Ketua Tim dari Poltekes Kemenkes Yogyakarta yaitu Ibu Dr. Tri Siswati, S.K.M., M.Kes., Bapak Drs. Eko Nuryanta mewakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menyampaikan ucapan terimakasih atas terjalinnya kerjasama antara Posbindu Narapraja BKD DIY dengan Poltekes Kemenkes, sehingga pegawai BKD DIY berkesempatan untuk mengetahui derajat kesehatannya dalam rangka pencegahan penyakit tidak menular. Ibu Dr. Tri Siswati, S.K.M., M.Kes. menyampaikan agar pola hidup sehat dibiasakan baik di lingkungan rumah maupun lingkungan kantor. Untuk lingkungan kantor antara lain agar dalam penyelenggaraan rapat-rapat dibiasakan menghidangkan buah-buahan. 

Disampaikan juga dalam sesi konseling kepada peserta tes, bahwa kita harus berupaya mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) antara lain hipertensi, stroke, Jantung, Diabetes Melitus (DM), Kanker dalan lain-laing yaitu dengan (1) tidak merokok; (2) batasi konsumsi gula, garam dan lemak berlebihan; (3) rajin aktifitas fisik (4) rajin konsumsi buah dan sayur dan (5) cek kesehatan secara teratur.

Data hasil Screening Kesehatan ini selanjutnya akan diolah dan dianalisa kemudian akan disampaikan hasilnya sebagai feedback terhadap hasil screening tersebut. Dengan demikian ke depan dapat dijadikan bahan acuan untuk mengambil keputusan kegiatan apa saja yang dapat dilakukan dalam rangka mencegah terjangkitnya PTM berdasar indikasi hasil screening. (Atik)


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233