Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pelatihan Sertifikasi PPA dan TEIQueThomas International

Dalam rangka pengembangan profesionalisme aparatur, Pemda DIY telah melaksanakan kerjasama dengan PT Pertamina Training & Consulting (PTC) dengan mengirimkan peserta pelatihan Sertifikasi PPA (Personal Profile Analysis) dan TEIQue (The Trait Emotional Intelligence Questionnaire). Pelatihan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 25 Februari 2019 sampai dengan 01 Maret 2019 di Hotel Pesona Tugu Yogyakarta, diikuti oleh para pejabat fungsional Assessor SDM Aparatur dan calon Assessor SDM Aparatur Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY. Instruktur pelatihan langsung didatangkan oleh PTC dari lembaga Thomas International yang merupakan pemilik lisensi kedua jenis tes PPA dan TEIQue.

Acara pelatihan dibuka oleh Ibu Christine Djamil, Manajer Assessment Center PT PTC dan Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, Bapak Drs. Eko Nuryanta mewakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY. Dalam sambutannya, Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting dan bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas Assessor SDM Aparatur terutama dalam kompetensi psikometri. Selain itu diharapkan ke depannya alat ukur PPA dan TEIQue yang berbasis online ini dapat diterapkan dalam pengukuran kompetensi di Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai, karena akan sangat membantu dan dibutuhkan terutama dalam pengukuran dengan jumlah asesi yang banyak. Kedua alat tes yang berbasis online ini hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat dalam proses administrasi dan analisis. Tentunya hal tersebut dapat terwujud dengan bantuan dukungan semua pihak. Pelatihan diikuti 7 peserta dari Pemda DIY.

Tes PPA dan TEIQue merupakan jenis alat ukur psikologis. PPA digunakan untuk mengetahui perilaku kerja, kekuatan dan keterbatasan, gaya komunikasi, serta bagaimana individu memaknai pekerjaan dan apa yang memotivasi diri. Sedangkan TEIQue digunakan untuk mengetahui bagaimana individu mengelola emosi, bagaimana individu menafsirkan dan menghadapi emosi pihak lain, serta bagaimana mereka mengelola hubungan dengan pihak lain.

Alat ukur ini dapat melengkapi alat tes lain yang digunakan Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai guna mendapatkan profil potensi yang menyeluruh. Profil potensi ini dapat digunakan untuk menetapkan langkah-langkah penanganan bagi pegawai dengan kinerja yang buruk, untuk memotivasi pegawai dengan performansi yang baik untuk menjadi lebih baik lagi, serta menetapkan langkah-langkah pengembangan yang sesuai dengan karakteristik pribadi individu.

Selama mengikuti pelatihan, para peserta terlihat mengikuti dengan antusias dan sungguh-sungguh mengingat bahwa materi pelatihan merupakan wawasan baru dan menarik. Metode pelatihan dengan pembelajaran dua arah sehingga berlangsung cukup interaktif. Selama 4 hari peserta mendapatkan pemberian materi, diskusi tanya jawab dan latihan-latihan praktek, dan pada hari ke-5 peserta mengikuti 2 macam ujian yaitu ujian tertulis dan praktek simulasi feedback tes dengan dibantu para volunteer asesi. Diharapkan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan kompetensi individu Assessor SDM Aparatur Pemda DIY, juga bagi kinerja organisasi Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY pada khususnya.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2019 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244