Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pemda DIY Mengirim 12 Calon Praja IPDN ke Jatinangor

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan 12 orang calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) untuk disekolahkan ke Kampus IPDN di Jatinangor, Jawa Barat, Senin (6/11/2021). Keduabelas calon praja IPDN ini terdiri dari 10 orang pelamar dari DIY dan 2 orang pelamar dari Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan Sistem Informasi Pegawai, Harry Susan Pujiharjo menyampaikan pesannya kepada calon praja IPDN sebelum keberangkatan mereka. Harry menitip pesan kepada para calon praja IPDN menjaga nama baik daerah dan hanya punya satu niat, yakni fokus belajar.

Para calon praja IPDN ini diberangkatkan menuju Kampus Jatinangor, Jawa Barat dengan menggunakan bus. Mereka diantar oleh Kepala Subbidang Perencanaan Pengadaan Pegawai, Wahyu Widayat.

Keduabelas orang calon praja dinyatakan lolos setelah melewati berbagai seleksi yang diikuti, meliputi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Kesehatan Tahap I, Tes Psikologi, Integritas dan Kejujuran, serta Pemantauan Tahap Akhir (Pantukhir).

Harry Susan berharap nantinya para praja menunjukkan prestasi membanggakan selama empat tahun menempuh pendidikan.

Sebelum diberangkatkan, mereka mengikuti upacara pelepasan dan mengecek barang bawaan yang digunakan selama menempuh pendidikan, mulai dari kelengkapan dokumen hingga peralatan sehari-hari.

Berbagai dokumen yang dicek terdiri dari biodata diri, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat pernyataan belum menikah, surat pernyataan bersedia diberhentikan jika tidak berkelakuan baik, serta surat pernyataan bersedia menaati ketentuan IPDN yang ditandatangani orang tua masing-masing.

Para calon praja juga tidak diperkenankan membawa ponsel, perhiasan dan senjata tajam jenis apapun. Selama sekitar 3 minggu mereka akan menjalani masa orientasi, kemudian selama 3 bulan tidak diperkenankan menghubungi keluarga dan selama 1 tahun pertama mereka tidak diperkenankan untuk pulang ke rumah masing-masing.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233