Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pemerintah Daerah DIY Serahkan 758 SK CPNS Formasi Tahun 2018

Pemerintah Daerah DIY secara resmi menyerahkan SK CPNS kepada 758 orang pada hari Kamis tanggal 4 April 2019 bertempat di Bangsal Kepatihan, Komplek Kepatihan, Danurejan Yogyakarta. Penyerahan SK secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah DIY, Ir. Gatot Saptadi didampingi Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, R. Agus Supriyanto. Acara tersebut dihadiri pula oleh Asisten Sekretaris Daerah, Kepala SOPD, perwakilan Kantor Regional I BKN Yogyakarta serta beberapa instansi terkait. Dalam kesempatan tersebut, diserahkan pula buku tabungan dan ATM Bank BPD bagi CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menyampaikan bahwa 758 orang CPNS tersebut terdiri dari 497 CPNS Tenaga Guru, 53 CPNS Tenaga Kesehatan, dan 208 CPNS Tenaga Teknis. Para CPNS tersebut merupakan hasil dari Pelaksanaan Seleksi CPNS Pemda DIY Formasi 2018. Seleksi tersebut semula diikuti oleh 20.759 jumlah pelamar yang kemudian disaring dalam seleksi Kompetensi Dasar sejumlah 15.975 orang dan Seleksi Kompetensi Bidang sejumlah 1.566 peserta. Selain itu, CPNS masih harus melalui tahapan Diklatsar CPNS. “Berdasar Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tersebut, pendidikan dan pelatihan CPNS ini hanya dapat diikuti 1 (satu) kali, dan CPNS yang tidak lulus diberhentikan sebagai CPNS” kata R. Agus Supriyanto.

Kompleksitas pekerjaan yang dihadapi saat ini menuntut ASN untuk memiliki sikap profesional. Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah DIY menyampaikan agar CPNS dapat mengembangkan ketrampilan manajemen, baik konseptual, interaksi sesama rekan dan kemampuan teknis. Selain itu, Sekretaris Daerah DIY juga menyampaikan agar CPNS memiliki sikap SATRIYA sebagai watak yang memegang teguh ajaran moral sawiji, greget, sengguh, ora mingkuh. Sifat-sifat inilah yang diharapkan dapat menjiwai seorang aparatur dalam menjalankan tugasnya”, pesan beliau.

Pada acara kali ini, peserta tampak memakai busana adat tradisional Jawa, lengkap dengan surjan, keris, dan blangkon bagi pria serta kebaya dan sanggul gulung tekuk bagi wanita atau jilbab menyesuaikan agamanya. Dengan pemakaian busana Jawa ini diharapkan dapat menjadi simbol bahwa peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dapat menanamkan atau nguri-uri Kabudayan Jawi selama menjadi abdi negara di Pemda DIY.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233