Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Peringatan Hari Nusantara di Badan Kepegawaian Daerah DIY

             

             Badan Kepegawaian Daerah DIY melaksanakan upacara Peringatan Hari Nusantara pada hari Kamis tanggal 13 Desember 2018 bertempat di halaman upacara , dengan Inspektur upacara Sekretaris BKD DIY Prapto Nugroho, SH.

      Hari Nusantara merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda  yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia Kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat. Dalam deklarasi Juanda penentuan  batas  lautan  territorial  seperti termaktub dalam “Territoriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie 1993” Stbl.1939 No 442 artikel 1 ayat (1) tidak lagi sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut di atas, karena membagi wilayah daratan Indonesia dalam bagian-bagian terpisah teritorialnya sendiri-sendiri.

Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 dengan tema : “ Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh melalui Deklarasi Juanda Menuju Poros Maritim Dunia”. Inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018. Penyelenggaraan Hari Nusantara tahun 2018 tak lepas dari perjuangan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang pertama kali tercetus melalui “ Deklarasi Djoeanda” pada tanggal 13 Desember 1957.

Peringatan Hari Nusantara tahun 2018 dijadikan momentum dalam mempertebal semangat kebangsaan, persatuan dan kebersamaan ditengah kebhinekaan untuk tetap melaksanakan pembangunan Nusantara, meningkatkan kerjasama dalam pengelolaan wilayah laut dan wilayah perbatasan, mempertahankan kedaulatan Negara dalam wadah NKRI serta mendorong masyarakat Indonesia untuk memahami arti penting Wawasan Nusantara. Peringatan Hari Nusantara 2018 dapat memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi lokal, memacu daerah untuk lebih kreatif dalam mengelola sumber daya di wilayah laut. 


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233