Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-74 KEMERDEKAN RI

Upacara Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di Halaman Badan kepegawaian Daerah DIY, hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2019 yang diikuti seluruh Karyawan/karyawati Badan kepegawaian Daerah DIY.

Upacara dipimpin oleh Kepala Balai Pengukuran Kompetensi DIY mewakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Drs. Eko Nuryanto. Tema Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini adalah:, SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”. Amanat Gubernur DIY yang dibacakan oleh inspektur upacara menyampaikan bahwa di era digital ini, yang diminta adalah etos kerja,kreatif dan inovatif yang didukung oleh disiplin, selain keuletan kerja dan belajar berbagi jika kita hendak berperan dalam kemajuan dunia. Guna mewujudkannya kita harus mengambil nilai-nilai progresif untuk merebut ilmu, teknologi dan ekonomi di Universitas, Bank dan Industri.

Sebagai bangsa kita harus bisa keluar dari kebiasaan yang hanya menengok ke belakang, tapi lebih berorientasi ke depan. Sehingga kita bisa membangun generasi baru yang mampu menapaki tegalan berbatu mendaki bukit keberhasilan dimana Indonesia bisa setara negara-negara maju. Kita harus menumbuhkan kultur baru “Culture of excellence” atau kultur keunggulan di semua bidang kehidupan, dimulai dari arena pendidikan. Tema keunggulan sangat menentukan tingkat kemajuan dan martabat bangsa, yang digerakkan oleh visi akbar yang sanggup meminta pengorbanan dari segenap warga.

Dipandu oleh strategi cerdas, agar sumberdaya yang terbatas bisa cukup. Dimotori oleh inovasi kreatif, dikawal oleh sikap antisipatif-responsif, dan didukung oleh karakter ketekunan. Tetapi, tak ada keunggulan jika kita tidak mampu memahami, bahwa pondasi prestasi keunggulan-keakbaran adalah budaya. Itulah modal utama yang menjadi pendorong kemajuan negara-negara maju.

Kesimpulannya, basis keunggulan suatu produk, organisasi, daerah, bahkan bangsa, nyata-nyata dan tak bisa lain, ialah manusia-manusia unggul, baik spiritualitas, intelektualitas, dan etos kerja. Apa rahasianya? Jawabannya tegas: budaya! Budaya yang bertumbuh ialah kerja keras, disiplin , berhemat dan mengutamakan pendidikan.

Itulah akar-akar tunggang pohon keunggulan yang kita cari-cari: spirit of excellence. Memang spirit itu perlu diberi darah, saraf, otot, dan daging, agar menjadi tubuh, artinya menjadikannya sebuah budaya. Sekaranglah saatnya untuk bangkit bersama dalam Gerakan kebudayaan untuk memberikan makna nyata Renaisans Yogyakarta menuju perabadan maju dan bermartabat.

Marilah energi itu kita sinergikan, agar menjadi kekuatan dahsyat sebagai sebagai wahana menuju kehidupan berbangsa dan bermasyarakat yang lebih sejahtera dan berkeadilan dalam suasana gotong-royong guyub rukun dan aman-damai.

Merujuk tema peringatan tahun 2019 ini, esensinya adalah bahwa pembangunan harus berpusat pada Manusia Unggul, dimana saat ini harus dikuatkan sebagai wahana menuju peradaban maju yang bermartabat.

Dengan pandangan reflektif seperti itu, marilah kita bangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan membangun “SDM Unggul Menuju Indonesia Maju” dengan penuh rasa syukur. Akhir kata, Semoga Tuhan Yang maha Kuasa menunjukkan arah dijalan-Nya, sehingga jiwa dan Cita-cita Proklamasi secara bertahap dapat diwujudkan, berangkat dari tema tersebut. Dirgahayulah Negara Kesatuan Republik Indonesia! Sekali Merdeka, Tetap Merdeka, menuju Indonesia Maju, Unggul dan Jaya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233