Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Peringkat Kinerja Instansi di Lingkungan PEMDA DIY Triwulan II Tahun 2014

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan prestasi kerja pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Daerah DIY, sejak tahun 2011 diberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) tiap triwulan kepada setiap PNS dan PTT.

Sebagai payung hukum pemberian TPP di Pemerintah Daerah DIY, Gubernur DIY telah menetapkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terakhir Nomor:37.1 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 22 Tahun 2012 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai bagi PNS dan PTT di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY yang mulai berlaku sejak tanggal 1 Juli 2012.

Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai diberikan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, karena masing-masing Instansi akan dinilai kinerjanya. Penilaian kinerja instansi dihitung berdasarkan bobot instansi dan kinerja instansi. Penentuan bobot instansi dengan memerpertimbangkan: unsur-unsur klasifikasi jabatan, kompleksitas pelaksanaan kerja, dampatk pelaksanaan tugas, resiko dan tanggungjawab. Sedangkan kinerja instansi dinilai berdasarkan kriteria sebagai berikut :1) Perencanaan, pengendalian program/kegiatan; 2) Pengawasan; 3) Pengelolaan Anggaran; 4) Pengelolaan sumber daya manusia; 5) Pengelolaan barang; 6) Pengelolaan arsip.

Untuk Triwulan II Tahun 2014, berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor: 157/KEP/2014  tanggal 14 Juli  2014 telah ditetapkan Hasil penilaian Kinerja Instansi, Nilai Tetap dan Tambahan Penghasilan Instansi Triwulan II Tahun 2014 , yakni :

Untuk Triwulan II Tahun 2014, berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor: 157/KEP/2014  tanggal 14 Juli  2014 telah ditetapkan Hasil penilaian Kinerja Instansi, Nilai Tetap dan Tambahan Penghasilan Instansi Triwulan II Tahun 2014 , yakni :

 

  1.  Hasil Penilaian terhadap kinerja instansi bulan April 2014 sampai dengan 30 Juni 2014, yaitu :

a.Peringkat I ada 23 instansi

b.Peringkat II ada 11 instansi

c. Peringkat III ada 3 intansi, dengan rincian sebagai berikut:

 

HASIL PENILAIAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DIY

TRIWULAN II TAHUN 2014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

NAMA INSTANSI

PERENCANAAN (20%)

PENGAWASAN (15%)

PENGELOLAAN ANGGARAN  (20%)

PENGELOLAAN SDM INSTANSI (15%)

PENGELOLAAN BARANG (20%)

PENGELOLAAN ARSIP (10%)

JUMLAH

PERING-

KAT

1

BKD

193,00

141,00

196,00

133,69

196,00

82,83

942,52

1

2

DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET

190,33

137,50

196,00

135,81

196,17

82,51

938,32

1

3

BIRO UMUM HUMAS DAN PROTOKOL

191,00

138,00

193,00

132,76

197,00

86,04

937,80

1

4

BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

191,25

144,00

195,00

128,24

191,00

87,87

937,36

1

5

BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT

188,00

150,00

194,00

136,16

193,00

75,36

936,52

1

6

BIRO HUKUM

192,81

138,00

192,00

127,98

194,00

85,67

930,46

1

7

BIRO ORGANISASI

192,00

132,00

191,00

135,32

196,00

84,04

930,36

1

8

INSPEKTORAT

191,00

147,00

192,00

124,52

197,00

78,05

929,57

1

9

BAPPEDA

192,00

141,00

191,00

125,09

196,00

83,41

928,50

1

10

DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

189,89

137,00

197,00

131,83

192,67

77,79

926,18

1

11

BIRO ADM. PEMBANGUNAN

191,78

135,00

195,00

128,54

189,00

86,63

925,95

1

12

BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

186,26

135,00

191,00

135,12

192,00

85,02

924,40

1

13

BIRO TATA PEMERINTAHAN

189,37

138,00

189,00

131,57

189,00

85,29

922,23

1

14

SEKRETARIAT DPRD

184,00

141,00

194,00

130,84

193,00

78,80

921,64

1

15

BIRO ADM. PEREKO DAN SDA

192,00

138,00

195,00

128,74

188,00

75,23

916,97

1

16

RS GRHASIA

189,00

135,00

191,00

132,11

196,00

73,67

916,78

1

17

BADAN KESATUAN BANGSA DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

189,00

141,00

191,00

130,61

190,00

71,56

913,17

1

18

DINAS SOSIAL

188,99

137,63

196,00

127,38

193,63

68,87

912,49

1

19

DINAS PERTANIAN

180,00

140,00

191,00

128,72

191,67

79,82

911,20

1

20

DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

191,17

132,00

195,00

129,64

192,50

70,67

910,98

1

21

BADAN KERJASAMA DAN PENANAMAN MODAL

179,75

135,00

195,00

123,81

195,00

76,25

904,81

1

22

BIRO KESRA DAN KEMASYARAKATAN

183,00

132,00

194,00

122,48

188,00

84,88

904,36

1

23

DINAS PARIWISATA

168,62

138,00

191,00

133,64

194,00

75,03

900,29

1

24

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA

156,44

137,00

192,00

140,28

193,33

77,88

896,93

2

25

SATPOL PP

187,00

132,00

193,00

125,73

189,00

70,11

896,84

2

26

BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN

160,00

147,00

190,00

135,08

189,00

74,91

895,99

2

27

BADAN LINGKUNGAN HIDUP

159,00

144,00

186,00

127,00

192,00

82,71

890,71

2

28

DINAS PUP DAN ESDM

162,51

140,25

195,00

127,95

195,00

68,76

889,47

2

29

DINAS KESEHATAN

177,58

138,00

188,00

119,10

193,00

73,18

888,86

2

30

DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN

178,00

138,00

192,00

122,85

194,00

60,87

885,72

2

31

DISPERINDAGKOP DAN UKM

178,94

139,00

191,00

116,83

191,00

60,34

877,11

2

32

DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN

163,00

136,50

192,00

112,81

192,00

80,50

876,81

2

33

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

185,00

144,00

190,00

92,58

188,00

69,25

868,83

2

34

DINAS KEBUDAYAAN

150,38

147,00

189,00

112,28

197,00

64,16

859,82

2

35

PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA SEKRETARIAT KOMISI PEMILIHAN UMUM

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

3

36

PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA KEMENTERIAN PU

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

3

37

PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA BAWASLU DIY

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

0,00

3

 

2. Nilai Tetap.

a. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai  Pemerintah Daerah DIY yaitu Rp. 278.000,-

b. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat I, yaitu Rp. 301.000,-

c. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di Instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat II adalah 90 % dari Nilai Tetap Tambahan Penghasilan Pegawai  Pemerintah Daerah DIY, yaitu Rp. 250.200,-

d. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di Instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat III adalah 80 % dari Nilai Tetap Tambahan Penghasilan Pegawai  Pemerintah Daerah DIY, yaitu Rp. 222.400,-

Berdasarkan hasil peringkat kinerja instansi tersebut, mulai tahun 2014 tambahan penghasilan pegawai  diberikan dengan mendasarkan:

  1. Penilaian Disiplin (25 %) yakni penilaian yang didasarkan pada ketaatan masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja. Hal ini dapat dilihat dari hasil print out presensi dengan sistem finger print pegawai negeri sipil (PNS) di masing-masing instansi.
  2. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (75%), yakni penilaian yang meliputi:  a). Capaian Kinerja; b). Orientasi Pelayanan, c). Kerjasama; serta d). Kepemimpinan (khusus pejabat struktural).

Tambahan Penghasilan Pegawai Tri Wulan II Tahun 2014 di Lingkungan Pemda DIY dibagikan kepada masing-masing PNS dan PTT di masing-masing instansi  pada akhir bulan Juli  2014.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233