Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Surveillance ISO 9001: 2015 di Badan Kepegawaian Daerah DIY

Sehari menjelang kemerdekaan RI ke-73, Badan Kepegawaian Daerah DIY mengadakan audit eksternal layanan mutu ISO 9001:2015. Tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga pencapaian ISO 9001:2015.

Audit ini berfungsi untuk peningkatan layanan di Badan Kepegawaian Daerah sehingga tidak berhenti untuk selalu melakukan inovasi dalam pelayanan. Rangkaian ISO 9001: 2015 acara dalam proses surveillance Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015  BKD DIY antara lain:

1. Pendampingan Penyusunan Dokumen Manajemen ISO.

Kegiatan ini dilaksanakan bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2018. Ada beberapa materi dalam pelatihan ini antara lain : workshop manajemen layanan (membuat presentasi yang menarik) yang disampaikan oleh Prof. KRT Suwarna Dwijonagoro , Pendampingan penyusunan dokumen ISO 9001, refreshing pelayanan dan lain sebagainya.

2. Audit Internal Sistem Manajemen Mutu ISO.

Badan Kepegawaian Daerah DIY telah melakukan audit internal dan ditemukan beberapa temuan, temuan ini sudah ditindaklanjuti oleh auditee. Audit internal dilakukan pada hari Senin tanggal 6 Agustus 2018 sampai dengan 10 Agustus 2018. Audit dilakukan di 6 unit kerja yaitu Balai PKP, Bidang Mutasi, Bidang TUK, Bidang Pengembangan, Bidang KHP dan Kesra dan Sekretariat. Audit dilakukan oleh 15 auditor yang telah dibekali pelatihan auditor internal  dan didampingi oleh konsultan ahli.

3. Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

Sebagai salah satu rangkaian pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 diadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). RTM dipimpin oleh Sekretaris BKD Prapto Nugroho, SH mewakili Kepala Badan Kepegawaian DIY. Dalam RTM dibahas antara lain hasil audit internal, hasil survey kepuasan pelanggan, tingkat capaian sasaran mutu tiap subbagian/subbidang/seksi di lingkungan BKD DIY, tindakan koreksi pencegahan dan tanggapan dari masing-masing bidang.

4. Audit Eksternal

Puncak acara adalah audit eksternal yang dilaksanakan oleh WQA pada hari Kamis tanggal 16 Agustus 2018. Acara ini dihadiri oleh seluruh karyawan/karyawati, tenaga non PNS, tenaga cleaning, security maupun mahasiswa/siswa PKL. Acara berlangsung satu hari dengan melakukan kunjungan ke subbagian/subbidang/seksi dan ruang sekretariat ISO. Tim auditor dari Worldwide Quality Assurance melakukan audit secara mendetail dengan observasi maupun wawancara langsung.

Setelah beberapa jam diperiksa tim auditor eksternal, pada pukul 16.00 WIB diadakan closing meeting. Dalam acara ini dibahas hasil temuan auditor eksternal yang berupa observasi, temuan dikonsultasikan kepada pihak yang berkepentingan.

Tidak ada temuan minor ataupun major dalam proses ini. Hasil dari audit eksternal tersebut Badan Kepegawaian Daerah DIY dinyatakan lulus Audit Sistem Manajemen ISO 9001:2015.

Hasil audit diterima oleh Sekretaris BKD DIY Prapto Nugroho, SH mewakili Kepala BKD. Hasil audit menjadi cambuk semangat BKD untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Hasil ini juga menjadi kado indah BKD DIY menjelang Hari Kemerdekaan RI ke -73.  Akhir kata “Selamat dan Sukses atas proses Surveillance Audit Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Badan Kepegawaian Daerah DIY  untuk mewujudkan Pengelola Kepegawaian yang Profesional dan Berbudaya”.

Jayalah Negeriku, majulah Badan Kepegawaian Daerah DIY.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2018 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244