Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Tes SKD CASN Pemda DIY Dimulai Hari Ini

Yogyakarta (14/09/2021), Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Amin Purwani mengatakan bahwa pelaksanaan tes seleksi kompetenso dasar (SKD) untuk pelamar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) terpantau lancar dan sesuai protokol kesehatan.

“Seleksi Kompetensi Dasar CASN Pemda DIY berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan. Bagi Peserta CASN terdaftar yang positif Covid-19 akan mengikuti tes di sesi akhir”. ungkap Amin pada hari pertama pelaksanaan SKD CASN Pemda DIY.

Amin juga menjelaskan bahwa pada SKD kali ini, Panselnas Pusat menyediakan  alat baru, Pendeteksi wajah atau Face Recognation untuk menjaga validitas ID dan Personal, dan menghindari potensi terjadi perjokian saat pelaksanaan Tes SKD CASN. Fitur Face Recognition ini mampu menganalisa wajah peserta ketika log in ke sistem CAT dan mencocokannya dengan foto peserta yang diambil pada saat registrasi. Maka dari itu, foto yang diinput pada tahap pendaftaran lalu haruslah foto yang sebenarnya, sehingga fitur face recognition bisa mendeteksi bahwa peserta SKD adalah benar peserta yang melakukan pendaftaran.

Tes SKD CASN Pemda DIY berlangsung selama dua hari mulai tanggal 14 – 15 September 2021 di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Tes SKD ini diikuti oleh 1127 peserta dari 1231 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sebanyak 9 peserta belum bisa mengikuti SKD dikarenakan positif Covid-19, dan 95 peserta tidak hadir.

Peserta tes SKD wajib membawa bukti yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah melakukan tes Covid-19, baik swab test PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam sebelum mengikuti tes SKD, atau rapid test antigen dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum mengikuti tes SKD.

Peserta juga diwajibkan membawa formulir Deklarasi Sehat, guna mendukung pelaksanaan tes SKD di tengah pandemi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat oleh seluruh peserta dan panitia seleksi ASN sesuai dengan rekomendasi dari Ketua Satgas Covid-19 di DIY. Salah satu penerapan protokol kesehatan oleh panitia seleksi CASN adalah dengan melakukan penyemprotan desinfektan setiap pergantian sesi.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233