Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke- 72 di Badan Kepegawaian Daerah DIY

Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 dilaksanakan di halaman Badan kepegawaian Daerah DIY pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2017.

Upacara diikuti oleh seluruh karyawan/karyawati Badan Kepegawaian Daerah DIY. Dalam sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang dibacakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY R.Agus Supriyanto selaku Inspektur upacara bahwa tema Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 kali ini adalah:, “INDONESIA KERJA BERSAMA”. Selanjutnya sambutan Gubernur DIY merujuk tema sentral Peringatan tahun 2017 ini adalah “Indonesia Kerja Bersama”, bahwa filosofi dari kalimat tersebut adalah “Gotong-Royong”.

Gotong Royong merupakan prinsip dasar masyarakat Indonesia yang mesti kembali dikuatkan sebagai wahana menuju peradaban yang lebih baik. Sebagai satu bangsa, sakit yang diderita golongan dan kelompok lain, adalah sakit kita semua. “Guyub-rukun“ itulah yang kita perlukan, agar kita dapat menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa secara bersama-sama.

Seperti kita tahu, akhir-akhir ini banyak sekali timbul gejolak politik yang berpotensi merenggangkan hubungan antar anak bangsa. Meski dipandang wajar dalam proses demokrasi, namun terkesan ada kecenderungan perilaku yang kurang kondusif untuk sebuah “kerja bersama” guna merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Berbeda dengan tokoh-tokoh pergerakan yang sangat mengedepankan diplomasi. Mereka ramah, mudah bergaul, berani berdebat dengan siapa pun, dan memiliki persahabatan yang kuat sekali. Suasana etika moral bermartabat di antara tokoh bangsa waktu itu begitu terasa. Di dalam sidang berdebat hebat, tapi di luar bersahabat. Para tokoh pergerakan itu merupakan guru-guru keluhuran bangsa. Selayaknyalah jika kita belajar dari mereka.

Gubernur DIY juga menyampaikan bahwa saat ini yang terpenting adalah menemukan kembali ”Indonesia” yang hilang. Indonesia dengan sederet tokoh visioner, dan tidak perlu didorong-dorong untuk “kerja bersama”, karena mereka paham, bahwa Indonesia adalah rumah besar bagi bangsa yang demikian majemuk. Memang, kini tidak mudah untuk melakukan ”kerja bersama”. Tetapi, dengan bercermin pada sejarah masa lalu itulah, kita mutlak perlu untuk membangun kembali kepercayaan, bahwa negeri ini masih menjanjikan harapan lebih baik bagi generasi mendatang.

”Kerja Bersama” merupakan jalan keluar guna menuju Indonesia baru yang makmur, sejahtera, dan mandiri yang tidak mungkin dibangun oleh amarah, tetapi harus dengan kerja keras dan cerdas. Dengan pandangan reflektif seperti itu, marilah kita bangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan “kerja bersama”, yang menandai peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-72 ini dengan penuh rasa syukur. Semoga Tuhan Yang Maha Mengetahui menunjukkan arah di jalan lurus-Nya, sehingga Jiwa Proklamasi dapat menuntaskan misi yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu guna membangun NKRI yang satu dan bersatu dengan semangat “kerja-kerja-kerja”.

Dirgahayulah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka menuju Indonesia Jaya.. Setelah Upacara, Kepala BKD menyerahkan sertifikat pelatihan assessor dan diklat akrual. Juga diserahkan trofi kejuaran badminton putri sebagai juara 2 dan tenis meja putri sebagai juara 3. Trofi yang diserahkan oleh Gubernur kepada BKD yang diserahkan pada malam tirakatan di Kepatihan. (Iin-Program)


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233