Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Workshop Pengembangan Kemitraan

Pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017, Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai (Balai PKP) BKD DIY menyelenggarakan Workshop Pengembangan Kemitraan dengan tema, “Uji Kompetensi dalam Perspektif Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi dan Talent Pool”.

Workshop ini bertujuan untuk memperkuat hubungan kerjasama antara Balai PKP BKD DIY dengan mitra kerja baik dari BKD Provinsi maupun BKD/BKPP/BPSDM Kabupaten/Kota dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kegiatan workshop ini bukanlah hal yang baru, karena telah menjadi event tahunan dalam 3 tahun terakhir ini, namun khusus untuk tahun ini, kegiatan dikemas dengan konsep yang berbeda. Pada tahun ini penyelenggara mengundang narasumber-narasumber terbaik di bidangnya, yaitu dari Komisi Aparatur Sipil Negara dan Badan Kepegawaian Negara RI  Jakarta.

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Pengukuran Kompetensi BKD DIY. Acara dilanjutkan dengan Pembukaan oleh Sekretaris Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang dalam hal ini disampaikan oleh Assisten Administrasi Umum, Ibu Dra. Kristiana Swasti, M.Si. Acara selanjutnya dengan paparan dengan tema utama Workshop “Uji Kompetensi dalam Perspektif Seleksi JPT dan Talent Pool”  yang di jabarkan ke dalam 2 materi yang dipaparkan oleh para ahlinya.

Narasumber pertama adalah Dr. Ir. Nuraida Mokhsen, MA, beliau adalah Komisioner KASN. Pada kesempatan workshop ini Ibu Nuraida berbagi ilmu dan pengalamannya dengan topik materi, “Uji Kompetensi dalam Perspektif Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi”.

Narasumber kedua adalah Dr. Ahmad Jalis, MA, Kepala Pusat Pengembangan ASN dari BKN RI Jakarta memaparkan best practice “Implementasi Manajemen Talenta untuk Pemetaan Jabatan Pimpinan Tinggi”.

Panitia penyelenggara kegiatan ini (Balai PKP BKD DIY) memberikan Apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada pimpinan daerah, dalam hal ini diwakili oleh Bapak-Ibu Kepala BKD/BKPP/BPSDM provinsi, kabupaten dan kota atas kerjasama yang baik yang telah berjalan selama ini.

Sebagai kilas balik sejarah awal pembentukan UPTD ini (pada waktu itu nomenklaturnya bukan Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai), di tahun 2004 hanya melayani uji kompetensi assessment center untuk internal Pemda DIY. Perlahan namun pasti, permohonan pengujian kompetensi dari berbagai daerah terus meningkat. Puncaknya di tahun ini, sampai awal Oktober 2017, UPTD Balai PKP  BKD DIY telah menyelenggarakan Uji Kompetensi bagi lebih 800 Pejabat di internal Pemda DIY dan lebih dari 1.300 Pejabat dan PNS dari seluruh mitra kerja Balai PKP BKD DIY.

Tentu saja hal ini sangat membanggakan dan menggambarkan besarnya kepercayaan yang telah diberikan oleh para mitra kepada Balai PKP-BKD DIY. Namun di sisi lain hal ini juga menjadi bahan introspeksi agar terus berbenah dan berusaha keras meningkatkan layanan dan fasilitas yang diberikan agar dapat mempertahankan kepercayaan dari para mitra dari BKD/BKPP/BPSDM provinsi/kabupaten maupun kota dari berbagai wilayah di tanah air.

Workshop ini juga diharapkan dapat menjadi wahana untuk mempererat tali silaturahmi, agar hubungan ini tidak hanya sekedar administrasi pengujian kompetensi para pejabat, namun juga ikatan batin bahwa peserta workshop (mitra Balai PKP-BKD DIY) pernah hadir, bahkan mungkin pernah mengikuti proses uji kompetensi di sini, dan hasilnya telah menjadi bahan pertimbangan penempatan di jabatan yang sekarang.(Joko)


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233