Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Materi Focus Group Discussion (FGD) pengelolaan Pegawai Tidak Tetap (SK Sekda) di lingkungan Pemda DIY

BKD DIY (08/06/2018) -

Materi Focus Group Discussion (FGD) pengelolaan Pegawai Tidak Tetap (SK Sekda) di lingkungan Pemda DIY dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Juni 2018 bertempat di ruang rapat D BKD DIY dengan tiga materi yaitu :

a)    Kebijakan Umum PTT di lingkungan Pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

b)    Jaminan dan Perlindungan Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi PTT di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY

c)    Paparan Aplikasi Sistem Informasi Pegawai Tidak Tetap (SIMPETA) 2018.

 

A.   Materi Kebijakan Umum PTT di lingkungan Pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. JENIS PEGAWAI KONTRAK

            a)      Pegawai Tidak Tetap (SK Sekda)

            b)     Pegawai Non PNS Kontrak (seleksi BKD)

            c)      Pegawai Kontrak pada Instansi BLUD

            d)     Pegawai Kontrak Insentif

             e)     Pegawai Kontrak Pihak Ketiga

             f)      Pegawai Kontrak Lainnya/pengaturan tersendiri (Sebermas, SAR)

            g)     Pegawai Kontrak dibiayai komite/yayasan

     2.   Dasar Hukum PTT di lingkungan Pemerintah daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

           a) Pasal 8 Pasal PP No. 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS, sejak  11 November 2005        

               semua Pejabat Pembina Kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi, dilarang mengangkat tenaga honorer atau
              yang sejenis, kecuali ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

          b) Pergub DIY No.77 tahun 2008  tentang Pengelolaan Pegawai Tidak Tetap Di Lingkungan Pemerintah Provinsi DIYPenjelasan

     3.   Definisi Pegawai Tidak Tetap SK Sekda

          a)      Pegawai Tidak Tetap (PTT) adalah seseorang yang diangkat oleh pejabat yang berwenang untuk jangka waktu tertentu                    guna melaksanakan tugas-tugas unit organisasi yang tidak dapat dilaksanakan oleh Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan                      Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

          b)     Pengangkatan kembali PTT adalah pengangkatan kembali PTT yang dibiayai oleh APBD Provinsi DIY sebelum ditetapkan                     PP Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi CPNS.

     5.  Hak Pegawai Tidak Tetap SK Sekda

          a)      Honorarium setiap bulan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah minimal sama dengan UMP.

          b)     Cuti (Tahunan, Sakit, Bersalin, Alasan Penting)

          c)      Apabila PTT tewas atau meninggal dunia pada saat dan karena menjalankan tugas kewajibannya, maka kepada ahli                          warisnya diberikan Uang Duka Tewas sebesar 3 (tiga) kali penghasilan terakhir Pegawai Tidak Tetap yang meninggal                        dunia tersebut.

          d)     Dapat diberikan TPP (Pergub TPP)

     5.  Masa Kerja Pegawai Tidak Tetap SK Sekda

         a)     Pengangkatan kembali : berusia setinggi-tingginya 55 (lima puluh lima) tahun dan dapat diperpanjang setinggi-tingginya

                 60 (enam puluh) tahun apabila memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan.

        b)     Masa bakti Pegawai Tidak Tetap adalah 1 (satu) tahun terhitung mulai tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Desember

                tahun yang sama.

 B.  Materi Jaminan dan Perlindungan Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi PTT di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

  1. Penganggaran BPJS agar disesuaikan.
  2. Penganggaran Jaminan Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk dianggarkan pada awal tahun.
  3. Harus diperhatikan penganggaran tewasnya Pegawai Tidak Tetap dengan perkiraan 1 banding 3 dalam setiap SKPD

 C.   Materi Paparan Aplikasi Sistem Informasi Pegawai Tidak Tetap (SIMPETA) 2018. simpeta.jogjaprov.go.id

        1. Penjelasan umum SIMPETA sebagai aplikasi yang digunakan untuk data base pegawa Non PNS Pemerintah Daerah DIY guna             meningkatkan kapasitas pelaksanaan perencanaan kepegawaian, dengan tujuan untuk dapat memberikan informasi secara               efektif dan efisien dan untuk menyediakan dukungan data dan informasi perencanaan kepegawaian.

       2. Penjelasan Fitur-fitur menu pada aplikasi e-PTT

           a)    Modul Beranda adalah untuk mengelola data unit kerja. Fungsinya adalah untuk menambah, mengubah dan menghapus                     admin atau user per unit kerja.

          b)    Modul Pengaturan adalah untuk mengelola data unit kerja. Fungsinya adalah untuk menambah, mengubah dan                                    menghapus admin atau user per unit kerja, dalam fitur pengaturan terdapat tiga sub menu diantaranya kewenangan,                          operator dan parameter.

          c)    Modul Referensi untuk referensi data kelembagaan, bezetting dan proyeksi kebutuhan. Fungsinya adalah untuk membuat,                  mengubah dan menghapus Perencanaan Kepegawaian.

          d)    Modul Kepegawaian untuk menambah, mengubah dan menghapus data perorangan pegawai kontrak non ASN.

          e)    Modul Penjagaan untuk penjagaan pegawai Kontrak Non ASN yang memasuki batas akhir kontrak.

          f)     Modul Perencanaan untuk perencanaan formasi kebutuhan Pegawai Kontrak Non ASN

         g)    Modul Laporan dan Rekapitulasi untuk mengelola laporan/rekap serta fasilitas untuk export data ke format excel.          

                Fungsinya adalah untuk menampilkan dan mencetak laporan.

 Materi FGD dapat didownload disini:

Pengelolaan PTT

Sosialisasi Aplikasi e-PTT

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*