Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Pelatihan Kewirausahaan PNS Calon Pensiun Periode Januari – Juni 2019

BKD DIY (31/05/2018) -

           Badan Kepegawaian Daerah DIY bekerja sama dengan Bank BPD DIY, Bank MANTAP, Bank Mandiri Syariah dan Bank BUKOPIN Cabang Yogyakarta mengadakan Pelatihan Kewirausahaan PNS Pemda DIY Calon Pensiun Periode Januari - Juni 2019. Acara pelatihan kewirausahaan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pembekalan yang bersifat administratif bagi para calon pensiun yang diadakan 2 (dua) hari sebelumnya yaitu tanggal 2 dan 3 Mei 2018. Pada acara pelatihan kewirausahaan ini, para calon pensiun diberikan kesempatan untuk mempelajari secara langsung berbagai ilmu pengelolaan usaha sesuai dengan minat masing-masing. Terdapat 4 (empat) jenis pelatihan yang ditawarkan oleh tiap bank yaitu Pelatihan Kewirausahaan Peternakan Ayam Kampung, Pengelolaan Rumah Makan Ikan, Budidaya Lele dan Budidaya Jamur yang dapat dipilih untuk diikuti oleh para calon pensiun. Acara pelatihan diadakan selama 4 (empat) hari yakni tanggal 4, 7, 8 dan 9 Mei 2018 dengan total peserta pelatihan sebanyak 328 orang yang terdiri dari berbagai SKPD.

            Hari Pertama, Jum’at tanggal 4 Mei 2018

          Pelatihan kewirausahaan peternakan ayam kampung diselenggarakan bersama Bank Mantap Cabang Yogyakarta pada hari pertama dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 92 orang. Pukul 07.30 WIB para peserta pelatihan sudah berkumpul di Kantor BKD DIY untuk presensi. Kemudian pukul 08.00 WIB berangkat menuju lokasi pelatihan yang berada di Gedongan, Kerten, Kec. Gantiwarno Kab. Klaten, Jawa Tengah dengan menggunakan 2 (dua) bus yang telah disiapkan oleh panitia pelatihan. Setelah tiba di lokasi, acara dimulai dengan penyampaian materi dari Bank Mantap tentang berbagai penawaran yang menguntungkan bagi para PNS calon pensiun kemudian dilanjutkan dengan materi kewirausahaan. Pada sesi ini para peserta pelatihan diperkenalkan dengan berbagai jenis ayam dan cara pemeliharaannya mulai dari bibit hingga siap jual. Dibuka juga kesempatan bagi para peserta pelatihan yang benar-benar berminat untuk mengikuti pelatihan yang lebih intensif terkait usaha peternakan ayam kampung ini. Di akhir acara, para peserta dijamu dengan berbagi macam olahan ayam.

            Hari kedua, Senin tanggal 7 Mei 2018

          Pada hari kedua, jenis pelatihan yang diselenggarakan adalah pelatihan kewirausahaan pengelolaan rumah makan ikan di Rumah Makan Mang Yat yang berlokasi di Jalan Potorono Km. 1 Bantul, Yogyakarta. Peserta yang berminat untuk mengikuti pelatihan sebanyak 95 orang. Seperti halnya pelatihan pada hari pertama, para peserta berangkat dari Kantor BKD DIY pada pukul 08.00 WIB dengan menggunakan 2 (dua) bis  setelah mengisi daftar presensi. Setelah tiba di lokasi, acara dimulai dengan penyampaian materi kewirausahaan. Pada sesi ini, para peserta pelatihan diberikan berbagai informasi mengenai usaha rumah makan ikan mulai dari cara budidaya ikan (karena selain mengelola rumah makan, restoran ini juga membudidayakan ikan sendiri) kemudian dijelaskan pula tentang pengelolaan dan pengolahan ikan serta motivasi bagi para calon pensiun agar semangat berwirausaha. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi perbankan oleh Bank BPD DIY. Acara berakhir setelah sesi makan siang dengan berbagai menu olahan ikan.

             Hari ketiga, Selasa tanggal 8 Mei 2018

            Pelatihan Kewirausahaan budidaya lele diadakan pada hari ketiga dengan peserta sebanyak 91 orang. Pelatihan ini terselenggara atas kerjasama dengan Bank BUKOPIN Cabang Yogyakarta.  Bertempat di Mina Abadhi Farm yang beralamat di Janten, RT. 06 Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Para peserta pelatihan berangkat pukul 08.00 WIB dari BKD DIY menggunakan 2 (dua) bus dan beberapa mobil pribadi. Sampai di lokasi para peserta menempatkan diri pada tempat yang telah disediakan untuk mendengarkan beberapa paparan dari Bank BUKOPIN dan materi pelatihan kewirausahaan dari Mina Abadhi Farm. Berbagai informasi  disampaikan terkait budidaya ikan lele mulai dari tahap persiapan, pengelolaan hingga pemasaran budidaya ikan lele, meliputi : pemilihan lokasi, pembuatan kolam, sumber air, jenis pakan, pemilihan benih, manajemen  serta SDM pengelolanya. Selain mendengarkan paparan materi, para peserta juga diberikan kesempatan untuk melihat langsung kolam lele yang dibudidayakan. Acara berakhir setelah makan siang sekitar pukul 13.00 WIB.

             Hari keempat, Rabu tanggal 9 Mei 2018

         Pelatihan budidaya jamur diadakan pada hari terakhir. Terdapat 50 peserta yang berminat mengikuti acara pelatihan ini. Pelatihan diadakan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya di daerah Dukuh, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Sama seperti hari-hari sebelumnya, pukul 07.30 WIB para peserta pelatihan sudah berkumpul di Kantor BKD DIY untuk absensi kemudian pukul 08.00 WIB berangkat menuju lokasi pelatihan. Sekitar pukul 09.30 WIB para peserta sampai di lokasi, acara dimulai dengan penyampaian materi yang berisi berbagai penawaran dari Bank Mandiri Syariah Cabang Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan materi kewirausahaan. Pada sesi ini para peserta pelatihan diperkenalkan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan budidaya jamur dan olahannya. Jenis jamur yang dibudidayakan beraneka ragam, meliputi jamur yang berasal dari dalam maupun luar negeri sehingga dijelaskan secara detail mulai dari proses pembuatan media tanam, cara pemeliharaan, cara memanen, proses pemasaran serta perencanaan biaya ketika berkeinginan memulai bisnis jamur. Acara selesai setelah makan siang sekitar pukul 13.00 WIB.

            Berakhirnya acara pelatihan kewirausahaan budidaya jamur, maka berakhir pula acara pelatihan kewirausahaan PNS Pemda DIY Calon Pensiun Periode Januari – Juni 2019. Dengan diadakannya acara pelatihan kewirausahaan ini diharapkan para calon pensiun dapat termotivasi untuk berwirausaha sehingga mendukung kesiapan mental dalam menghadapi masa purna bakti dan telah mempunyai kesiapan aktivitas usaha yang akan dilakukan dalam masa pensiun. (inung)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*