Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Pengajian Menyambut Bulan Ramadhan 1439 H di Badan Kepegawaian Daerah DIY

BKD DIY (18/05/2018) -

Menyambut bulan Ramadhan 1439 H, Badan Kepegawaian Daerah DIY (BKD DIY) mengadakan pengajian pada hari Senin tanggal 14 Mei 2018 bertempat di Ruang Rapat D Gedung Arsip BKD DIY.  Pembicara dalam pengajian adalah K.H.  Khadziq Fauzan Pengasuh Pondok Pesantren Al Ikhlas Bercak Berbah Sleman.

Pengajian dibuka oleh Sekretaris BKD Prapto Nugroho, SH. Beliau menyampaikan di BKD DIY selama bulan Ramadhan  mengadakan tadarus Al Quran, pengajian, bakti sosial dari dana pengelolaan  zakat, infaq dan sodaqah pegawai BKD serta kegiatan bersama anak yatim piatu. Pengajian ini dimaksudkan agar pegawai di lingkungan BKD diberikan bekal baik persiapan fisik maupun rohani untuk menghadapi bulan suci Ramadhan.

KH Khadziq Fauzan menyampaikan bahwa “Al imaanu yazidu wa yankus” keimanan manusia kadang berkurang dan bertambah, dan kewajiban manusia agar saat turun jangan turun secara drastis. Beliau juga menyampaikan bahwa neraka dan surga adalah hak Allah, kita hanya bisa berdoa dengan istighfar dan agar dijauhkan dari sifat sombong. Karena inti dalam Al-Quran adalah berperilaku lemah lembut kepada siapapun dan jangan menjadi orang yang sombong. Sedangkan apabila kita diuji oleh Allah selalu bersabar agar dapat menambah iman.  Hati terdiri dari beberapa lapisan yaitu basiroh (melihat baik dan jelek), domir /moral atau dorongan dan fuad sebagai penentu/akhir.

Musuh manusia adalah nafsu dan setan, dalam diri manusia ada beberapa macam nafsu, ada 2 yang jelek dan 5 yang baik. Nafsu yang jelek adalah lawamah dan amarah sedangkan yang baik adalah mutmainah, mulhimah, raudiah, mardiah dan kamaliah. Pada bulan puasa hendaknya kita bisa mengendalikan hawa nafsu yang jelek.  Ahli surga adalah orang yang menguruskan nafsunya dan ahli neraka adalah yang menggemukkan nafsunya. Semoga dengan bulan Ramadhan ini kita bisa menjadi ahli surga yang berlomba-lomba dalam kebaikan. Pengajian diakhiri  dengan doa “ Marhaban Ya Ramadhan “. (Nov)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*