Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 di Badan Kepegawaian Daerah DIY

BKD DIY (04/06/2018) -

Jumat tanggal 1 Juni 2018 telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman upacara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY. Sebagai Inspektur  upacara adalah Kepala BKD R.Agus Supriyanto.  Hari lahir Pancasila pada tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, namun demikian tidak mengurangi antusiasme pegawai BKD mengikuti upacara walaupun sedang menjalankan ibadah puasa.

Hari lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.  Mengapa tanggal 1 Juni yang dipilih?. Pada Perpres tersebut dijelaskan bahwa penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945. Dalam hari-hari itu, ada 3 orang tokoh yang memaparkan tentang dasar negara yakni Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Sukarno.

Istilah Pancasila baru diperkenalkan oleh Ir. Sukarno dalam pidatonya pada tanggal 1 Juni 1945 yang dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945 sesuai pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi :

Satu: Ketuhanan Yang Maha Esa

Dua:Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Tiga: Persatuan Indonesia

Empat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan /Perwakilan

Lima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia .

Inspektur upacara membacakan sambutan Presiden RI, Presiden mengamanatkan dalam peringatan Hari Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Bangsa Indonesia yang majemuk harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Selain itu juga semangat untuk berbagi antar anak bangsa untuk kesejahteraan dan kemajuan bersama. Di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

Presiden RI dalam kesempatan ini juga menyampaikan dengan semangat dan energi kebersamaan kita harus mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Semangat ini juga harus ada di dalam jiwa atlet-atlet kita yang akan bertanding di Asian Games dan Asian Para-games yang akan diselenggarakan tahun ini. Semangat berprestasi juga diharapkan membara di seluruh lapisan masyarakat dari seluruh profesi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju, negeri yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

Presiden juga mengajak kepada para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

Selamat hari Pancasila!

Kita bersatu!

Kita berbagi!

Kita berprestasi!

-(nov)-                                                                                                                 

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*