Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

BKD DIY (30/05/2018) -

Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dilaksanakan dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ujian Dinas sendiri terbagi menjadi dua yaitu Ujian Dinas Tingkat I dan Ujian Dinas Tingkat II. Ujian Dinas Tingkat I adalah ujian untuk kenaikan pangkat Reguler bagi Pegawai Negeri Sipil dari Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d menjadi Penata Muda golongan ruang III/a. Ujian Dinas Tingkat II adalah ujian untuk kenaikan pangkat Reguler bagi Pegawai Negeri Sipil dari Penata Tingkat I golongan ruang III/d menjadi Pembina golongan ruang IV/a. Dan syarat untuk dapat mengikuti Ujian Dinas Pegawai Negeri Sipil sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun memiliki pangkat sesuai ketentuan Ujian Dinas Tingkat I atau Ujian Dinas Tingkat II.

Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah adalah ujian untuk Kenaikan Pangkat Pilihan bagi Pegawai Negeri Sipil yang memperoleh Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah atau Diploma yang pangkatnya masih dibawah jenjang pangkat berdasarkan pendidikan yang diperolehnya. Pegawai Negeri Sipil yang hendak mengikuti Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah harus memiliki persyaratan:

  1. sekurang-kurangnya telah 1 tahun sejak diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil
  2. Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah untuk :
    1. SLTP Sederajat sekurang-kurangnya berpangkat Juru Muda Tk.I I/b.
    2. SLTA, Diploma I atau Sederajat sekurang-kurangnya berpangkat Juru I/c.
    3. Pendidikan Sekolah Guru Pendidikan Luar Biasa atau Diploma II sekurang-kurangnya berpangkat Pengatur Muda II/a.
    4. Diploma III atau Sederajat sekurang-kurangnya berpangkat Pengatur Muda II/a.
    5. Sarjana atau Diploma IV atau sederajat sekurang-kurangnya berpangkat Pengatur II/c.
    6. Pendidikan Dokter, Apoteker, Magister (S2) sekurang-kurangnya berpangkat Penata Muda III/a.
    7. Pendidikan Doctor (S3) atau sederajat sekurang-kurangnya berpangkat Penata Muda Tk.I, III/b.

Pelaksanaan Ujian Dinas di Pemerintah Daerah DIY pada tahun anggaran 2018 dilaksanakan pada tanggal 26 April 2018 diikuti oleh 138 Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari Pemda DIY 62 orang, Bantul 38 orang, Gunungkidul 14 orang, Sleman 21 dan Instansi Vertikal 3 orang yang telah memenuhi persyaratan dan tidak sedang dalam keadaan diberhentikan sementara, menerima uang tunggu atau cuti diluar tanggungan negara dan sebelumnya telah mengajukan permohonan mengikuti Ujian Dinas dengan dilampiri beberapa syarat diantaranya :

  1. Biodata Peserta.
  2. Salinan sah SK kenaikan Pangkat Terakhir.
  3. Salinan sah DP3 atau SKP terakhir.
  4. Pas Foto 3x4 sebanyak 3 lembar.

Peserta ujian dinas yang telah lolos seleksi administrasi selanjutnya mengikuti Tes Komputer dan Tes Esay. Setelah mengukuti tes selanjutnya peserta yang lulus akan menerima Surat Tanda Lulus Ujian Dinas. (Fahmi)

 

Data Sejenis

 

Komentar

Belum ada komentar
Nama*
Email*
Alamat*
Pesan*