Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

BKD DIY Berbagi di Bulan Ramadhan 1440 H

Bulan Ramadhan adalan bulan ibadah yang sangat dianjurkan kepada umat Islam untuk berbuat amal kebajikan sebanyak-banyaknya. Bulan Ramadhan disebut juga dengan bulan syahrun mubarak. Hal ini adalah berdasarkan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang artinya :”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi). Dan juga bahwa setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipat gandakan pahalanya. Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan merupakan saat yang tepat untuk berbagi dan bersedekah kita dianjurkan berlomba-lomba berbuat kebaikan di bulan mulia ini.

Berbagi di bulan Ramadhan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Bahkan kita bisa merujuk  langsung kepada apa yang pernah dipraktekkan dan diamalkan Rasulullah di bulan Ramadhan dengan banyak berbagi. Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai orang yang sangat dermawan, tetapi kedermawanan beliau itu  berbeda ketika datang bulan Ramadhan. Artinya ada peningkatan kedermawanan beliau di bulan Ramadhan.

Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi, “Berkata Ibn Abbas ra : Bahwa Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, dan lebih dermawan lagi saat Ramadhan, ketika dijumpai Jibril (as), yang mengunjungi beliau setiap malam di bulan Ramadhan, maka sungguh Rasulullah saw lebih dermawan dalam berbuat baik daripada angin yang berhembus" (Shahih Bukhari).

Banyak cara berbagi di bulan Ramadhan, seperti memperbanyak sedekah, zakat, dan memberi makan kepada orang miskin. Bahkan pahala yang kita dapatkan bernilai 70 kali lipat dari setiap amal yang kita lakukan di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya. Sebagaimana firman Allah yang artinya: “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian”. (Adz-Dzariyaat; 51:19)

 Salah satu rangkaian dalam kegiatan bulan Ramadhan di Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari Senin, 27 Mei 2019 adalah  kegiatan Buka Bersama dan Pemberian Santunan kepada anak yatim di Rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa Al-Falah Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan agar  kita lebih peduli terhadap orang-orang yang memiliki keterbatasan dengan mendatangi . Sumber donasi untuk kegiatan ini berasal dari Gerakan Infaq dan Sodaqoh BKD DIY. Pemberian santunan  disampaikan oleh Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD DIY Drs. Harry Susan Pujiraharjo, M.A., M.A.P. mewakili Kepala BKD DIY langsung diserahkan kepada anak-anak yatim di Rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa Al-Falah Yogyakarta dan dilanjutkan oleh perwakilan karyawan/karyawati BKD.

Bentuk bersyukur kepada Allah SWT dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah dengan bersedekah (sodaqoh). Sedekah mempunyai banyak manfaat baik bagi yang memberi maupun yang menerima. Sedekah akan mengajarkan kita menjadi manusia yang lebih baik, manusia yang peduli kepada sekitarnya “Indahnya berbagi”.  Nov

 


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2019 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244