Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah daerah provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah DIY sudah sepatutnya memahami tentang Keistimewaan DIY. Untuk mengisi keistimewaan DIY tidak cukup hanya dengan melakukan kegiatan ceremonial seperti upacara dan apel. Namun, seluruh ASN diharapkan senantiasa dapat pula menerapkan budaya jawa dalam kehidupan sehari-hari sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya tradisional jawa.

Guna mewujudkan ASN yang mampu merepresentasikan keistimewaan DIY, Badan Kepegawaian Daerah DIY menyelenggarakan Pembekalan Keistimewaan Angkatan V dan VI bagi ASN di lingkungan Pemda DIY. Pembekalan Keistimewaan ini diikuti sebanyak 40 ASN untuk Angkatan V dan 40 ASN untuk Angkatan VI.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 3 November 2020 hingga tanggal 5 November 2020 bagi Angkatan V ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji beserta Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani, SH, M.Ec.Dev. di Hotel Tara pada Selasa, 3 November 2020.

Dalam sambutannya Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan proses penyelenggaraan pemerintah DIY mengedepankan Budaya Jawa, namun bukan berarti mengubah suku seseorang. Untuk itu, PNS harus bisa melaksanakan tugas harian sebagaimana diatur dalam regulasi nasional. Pemahaman keistimewaan perlu dimiliki sebagai bekal dalam menjalankan tugas harian.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani, SH., M.Ec.Dev. turut menyampaikan harapannya yaitu setelah mengikuti Pembekalan Keistimewaan ini, peserta diharapkan mampu memahami konsepsi keistimewaan DIY; memahami filosofi dan makna Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat; dan melaksanakan internalisasi nilai-nilai budaya Jawa Yogyakarta. 

Selain di Hotel Tara, Pembekalan Keistimewaan juga dilaksanakan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Puro Pakualaman, dan Makan Imogiri Bantul.

(ema).



Menindaklanjuti rencana penggunaan aplikasi presensi berbasis geolokasi, elektronik Presensi Mandiri ASN Pemda DIY (e-Prima), maka akan dilakukan uji coba aplikasi yang akan dimulai pada tanggal 5 November 2020 sampai dengan 20 November 2020. Berkenaan dengan hal tersebut diinstruksikan kepada seluruh ASN Pemda DIY untuk melakukan uji coba aplikasi e-Prima. 

Berikut kami lampirkan Surat Edaran Gubernur tentang Ujicoba e-Prima dan Pedoman bagi admin OPD terkait aplikasi e-Prima

.


Pengumuman

No: 810/17140

Tentang

Pengumuman Hasil Akhir Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah  Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2019

Berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K26-3/B6300/X/20.01, Tanggal 27 Oktober 2020 tentang Penyampaian Hasil Integrasi Nilai SKD-SKB CPNS Pemerintah D. I. Yogyakarta Tahun 2019, dengan ini diumumkan hal-hal sebagai berikut, (selengkapnya dapat diunduh pada tautan di bawah ini)


Hari ini Kamis (22/10/2020) sedang berlangsung Welcome Home Seminar bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tugas Belajar yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah DIY. Welcome home seminar merupakan bentuk evaluasi (re-entry) bagi PNS yang telah selesai tugas belajar, agar didapatkan penilaian terhadap kesesuaian antara rencana pengembangan kompetensi dengan pengembangan kompetensi, serta kemanfaatan antara pelaksanaan pengembangan kompetensi terhadap peningkatan kompetensi dan peningkatan kinerja pegawai. Welcome home seminar dilaksanakan dengan tujuan agar PNS yang telah mendapatkan pengembangan kompetensi melalui tugas belajar dapat memberikan masukan dan membagi pengetahuan yang telah didapat selama pendidikan.

Seminar yang berlangsung di Hotel Kalya, Kotagede, Yogyakarta ini diikuti oleh 12 (duabelas) peserta yang terdiri dari 1 orang lulusan program pendidikan dokter spesialis, 10 orang lulusan magister berbagai jurusan dari universitas dalam negeri dan 1 orang lulusan S2 dari luar negeri. Seluruh peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan materi mereka tentang relevansi perkuliahan dan tesis yang mereka buat terhadap penyelenggaraan pemerintahan  serta utamanya terhadap tugas pokok dan fungsi Unit Kerja. (ema)


Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama. Pendaftaran seleksi terbuka akan dibuka secara online mulai hari ini 20 s.d. 26 Oktober 2020. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengundang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat dan berminat untuk mengikutinya.

Pengumuman seleksi terbuka itu tertulis dalam Surat Gubernur Jawa Tengah, Nomor 821/672 tanggal 20 Oktober 2020 Perihal Penyampaian Pengumuman Seleksi Terbuka JPT Madya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah. Adapun jabatan yang yang akan dilakukan seleksi terbuka yaitu Sekretaris Daerah.

Informasi lebih lanjut tentang seleksi terbuka ini dapat dilihat pada situs resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah https://jatengprov.go.id/ atau https://bkd.jatengprov.go.id/ (ema)


Berikut ini kami sampaikan hasil nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk lokasi:

  • Kanreg III BKN Bandung

  • Kanreg III BKN Bandung (UPT BKN Serang)

  • Kanreg X BKN Denpasar (UPT BKN Mataram)

  • Kanreg XII BKN Pekanbaru (UPT BKN Padang)


Pusbindiklatren Bappenas membuka pendaftaran beasiswa program pendidikan S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City Tahun 2021 bagi PNS di lingkungan instansi pemerintah yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan dan/atau yang uraian pekerjaannya berhubungan dengan perencanaan pembangunan.


Apabila ada PNS Pemda DIY yang berminat dengan penawaran beasiswa ini, agar mengajukan permohonan rekomendasi/izin mengikuti seleksi tugas belajar selambat-lambatnya tanggal 23 Oktober 2020. Badan Kepegawaian Daerah DIY akan memberikan rekomendasi/izin mengikuti seleksi tugas belajar dengan memprioritaskan PNS yang tupoksinya berhubungan dengan perencanaan pembangunan dan/atau yang uraian pekerjaannya berhubungan dengan perencananan pembangunan.


Surat pemberitahuan resmi dari BKD DIY dan informasi selengkapnya dapat diunduh melalui tautan di bawah ini atau di situs web Pusbindiklatren Bappenas atau melalui tautan bit.ly/s2dntsc2021.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2020 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244