Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta


Bertempat di Bangsal Kepatihan Komplek Kepatihan Yogyakarta pada hari Rabu tanggal 29 Januari 2020 dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Daerah DIY. Pelantikan dihadiri oleh Forkompimda, OPD induk dan semua UPT serta instansi vertikal. Pengambil Sumpah adalah Gubernur DIY Hamengku Buwono X.

Berikut adalah daftar pejabat yang dilantik :

No

Nama

Jabatan Lama

Jabatan Baru

1.

Ir. AROFA NOOR INDRIANI, M.Si.

Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY

2.

Drs. SIGIT SAPTO RAHARDJO, M.M.

Kepala Dinas Perhubungan DIY

Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum

3.

SUMADI, S.H., M.H.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik

4.

Drs. TAVIP AGUS RAYANTO, M.Si.

Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum

Kepala Dinas Perhubungan DIY

5.

Drs. UMAR PRIYONO, M.Pd.

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik

Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat

6.

Ir. SUGENG PURWANTO, M.M.A.

Wakil Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah DIY

7.

MALADI, S.H., M.M

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah DIY

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Sekretariat Daerah DIY


 Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai (Balai PKP) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY pada awal tahun 2020 ini telah menjalin kerjasama penyelenggaraan pengukuran kompetensi dengan Metode Assessment Center dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Sleman melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sleman. Pengukuran kompetensi pegawai Kota Pangkalpinang dilakukan dalam rangka pemetaan kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, sedangkan Kabupaten Sleman dalam rangka Seleksi JPT Pratama Sekretaris Daerah.

Kerjasama ditandai dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak. Selanjutnya pengukuran Assessment Center Kota Pangkalpinang telah diselenggarakan di Balai BKD DIY pada tanggal 06 s/d 14 Januari 2020 diikuti 17 orang peserta dalam 3 angkatan / batch selama masing-masing 2 hari, yaitu Angkatan I tanggal 6-7 Januari 2020 yang diikuti 6 orang peserta, Angkatan II tanggal 9-10 Januari 2020 sebanyak 5 orang peserta dan Angkatan III tanggal 13-14 Januari 2020 sebanyak 6 orang peserta. Kerjasama selanjutnya dengan Kabupaten Sleman, Assessment Center dilaksanakan pada tanggal 21-22 Januari 2020 dengan diikuti 5 orang peserta.

Pengukuran Kompetensi dengan Metode Assessment Center dilakukan sesuai standar dengan rangkaian tes yaitu Psikotes, simulasi LGD (Leaderless Group Discussion), dan diakhiri dengan Tes Wawancara. Assessment Center merupakan metode terstandar yang dilakukan untuk menilai/mengukur kompetensi dan prediksi keberhasilan pegawai dalam suatu jabatan dengan menggunakan beberapa alat ukur simulasi (minimal 3 simulasi disamping alat ukur psikotes, kuesioner kompetensi, dan wawancara kompetensi) yang disesuaikan dengan persyaratan kompetensi jabatan yang ditargetkan dan dilakukan oleh beberapa Assessor. Metode Assessment Center dilaksanakan selama 2 hari untuk setiap angkatan dengan jumlah peserta 5 - 6 orang peserta pengukuran (Assessee). Setiap assessee dinilai minimal oleh 2 orang assessor. Assessment Center ini menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk mempersiapkan sumber daya manusia aparatur yang sudah menduduki jabatan Administrator dan akan dipromosikan ke dalam Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (Eselon II).

Diharapkan para peserta mengikuti kegiatan pengukuran kompetensi ini dengan sungguh-sungguh dan mematuhi tata tertib selama tes berlangsung seperti tidak mengaktifkan handphone. Kerjasama peserta dibutuhkan, sehingga hasil tes dapat benar-benar digunakan sebagai bahan kebijakan penempatan dan pengembangan karir pegawai dalam rangka mewujudkan sistem merit. (enok).


Memperhatikan surat dari Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik nomor S- B-041/BPS/2310/01/2020 tanggal 13 Januari 2020 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan BPS.

Bersama ini kami sampaikan bahwa apabila di instansi Saudara ada Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat dan berkeinginan mengikuti seleksi dimaksud, dapat mengakses alamat http://seleksijpt.bps.go.id.


Memperhatikan surat dari Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian Keuangan nomor S-01/PANSEL-KBKF/2020 tanggal 13 Januari 2020 tentang Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Calon Kepala Badan kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan.

Bersama ini kami sampaikan bahwa apabila di instansi Saudara ada Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat dan berkeinginan mengikuti seleksi dimaksud, dapat mengakses alamat www.kemenkeu.go.id. atau www.seleksi-terbuka.kemenkeu.go.id.


© 2020 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244