Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pembekalan Keistimewaan Bagi ASN Pemda DIY Tahun 2020

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah daerah provinsi yang mempunyai keistimewaan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu semua Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah DIY sudah sepatutnya memahami tentang Keistimewaan DIY. Untuk mengisi keistimewaan DIY tidak cukup hanya dengan melakukan kegiatan ceremonial seperti upacara dan apel. Namun, seluruh ASN diharapkan senantiasa dapat pula menerapkan budaya jawa dalam kehidupan sehari-hari sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya tradisional jawa.

Guna mewujudkan ASN yang mampu merepresentasikan keistimewaan DIY, Badan Kepegawaian Daerah DIY menyelenggarakan Pembekalan Keistimewaan Angkatan V dan VI bagi ASN di lingkungan Pemda DIY. Pembekalan Keistimewaan ini diikuti sebanyak 40 ASN untuk Angkatan V dan 40 ASN untuk Angkatan VI.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 3 November 2020 hingga tanggal 5 November 2020 bagi Angkatan V ini, dibuka oleh Sekretaris Daerah DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji beserta Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani, SH, M.Ec.Dev. di Hotel Tara pada Selasa, 3 November 2020.

Dalam sambutannya Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji mengatakan proses penyelenggaraan pemerintah DIY mengedepankan Budaya Jawa, namun bukan berarti mengubah suku seseorang. Untuk itu, PNS harus bisa melaksanakan tugas harian sebagaimana diatur dalam regulasi nasional. Pemahaman keistimewaan perlu dimiliki sebagai bekal dalam menjalankan tugas harian.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani, SH., M.Ec.Dev. turut menyampaikan harapannya yaitu setelah mengikuti Pembekalan Keistimewaan ini, peserta diharapkan mampu memahami konsepsi keistimewaan DIY; memahami filosofi dan makna Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat; dan melaksanakan internalisasi nilai-nilai budaya Jawa Yogyakarta. 

Selain di Hotel Tara, Pembekalan Keistimewaan juga dilaksanakan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Puro Pakualaman, dan Makan Imogiri Bantul.

(ema).


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233