Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Sholat Jumat di Badan Kepegawaian Daerah DIY Disiarkan Langsung oleh RRI Yogyakarta Agustus 2019

 

Badan Kepegawaian Daerah DIY bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia Yogyakarta menyelenggarakan siaran langsung sholat jumat tanggal 23 Agustus 2019 di Masjid Al-Huda BKD DIY dengan jamaah muslimin dari pegawai, karyawan, dan masyarakat sekitar Kantor BKD DIY serta tamu undangan dari instansi-instansi di Pemda DIY.  Sholat jumat disiarkan langsung on air pukul 11.30 WIB dan diawali dengan pembacaan Al Quran oleh Ustadz Imam Safii, S.Pd.I., M.M.

Khotib Jumat pada hari ini adalah Prof. Dr. KRT Suwarna Dwijonagoro yang dalam ceramahnya berjudul “Yogyakarta Magnet Ilmu”, beliau menyampaikan bahwa Yogyakarta pada minggu ini banyak mahasiswa baru yang memadati jalanan di Yogjakarta. Yogyakarta masih menjadi magnet bagi mahasiswa untuk menuntut ilmu. Setiap tahun kurang lebih tujuh puluh lima ribu mahasiswa/pelajar mencari ilmu di DIY.

Mahasiswa mencari ilmu sesuai hadis nabi:

 

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya : ”Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang”. (HR. Turmudzi)

Allah menjanjikan orang yang keluar mencari ilmu ada di jalan Allah sampai dia kembali ke rumah. Mereka mencari ilmu untuk masa depan. Hadis nabi yang lain menyampaikan:

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“ Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu Allah akan memudahkan jalan ke surga”. (HR. Muslim, no. 2699)

Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat 300 sampai dengan 350 ribu mahasiswa atau pelajar yang jika setiap pelajar perbulan membelanjakan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah) maka setiap bulan ada 600 M atau sekitar 7,2 T setahun. Ini merupakan angka yang cukup besar untuk perputaran uang di DIY. Mahasiswa perlu memperhatikan bahwa sepandai apapun kita harus dapat hidup berdampingan dengan orang lain sesuai filosofi Hamemayu Hayuning Bawana.

Kita diperintahkan untuk mencari ilmu, karena orang yang memiliki ilmu dan menguasai filosofinya akan disegani orang lain seperti janji Allah:

 

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr

 

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Surat Al-Mujadilah Ayat 11).

 

Prof. KRT Suwarna Dwijonagoro juga mengajak jamaah untuk mencari ilmu sampai akhir hayat.

Demikian siaran langsung sholat Jumat di BKD DIY oleh RRI Yogyakarta pada Jumat 23 Agustus 2019, ke depan diharapkan sholat jumat di BKD DIY akan lebih semarak oleh kehadiran jamaah baik dari internal maupun dari luar sehingga silaturahmi dengan lingkungan sekitar akan lebih terjaga. (Novi)


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2020 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244