Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

BKD DIY Gelar Simulasi Sistem Seleksi CPNS Berbasis CAT

Dalam rangka upaya memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengenal Sistem Seleksi Penerimaan CPNS/ASN berbasis CAT

BKD DIY mengadakan Simulasi CAT Seleksi Penerimaan CPNS/ASN. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 14 AGustus 2014 bertempat di Universitas Teknologi Yogyakarta Kampus I, JL. Ringroad Utara, Jombor, Sleman. Sebelum simulasi dimulai, peserta diberikan pengarahan di Ruang Sidang Kampus I Universitas Teknologi Yogyakarta. Acara dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, R. Agus Supriyanto dilanjutkan Pengarahan Umum oleh Kepala Kantor Regional I BKN di Yogyakarta, Dr. Purwanto. Acara pembukaan dihadiri pula oleh perwakilan dari Universitas Teknologi Yogyakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DIY, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY, dan Inspektorat DIY.

Selanjutnya, peserta diberi penjelasan teknis mengenai pelaksanaan Simulasi CAT oleh Kepala Seksi Pengolahan Data Kepegawaian Kantor Regional I BKN di Yogyakarta, Risharyanto, S.Sos. Simulasi CAT dilaksanakan di laboratorium 1, 4, dan 6 Kampus Universitas Teknologi Yogyakarta. Waktu pelaksanaan simulasi dibagi menjadi 6 sesi, dimulai pukul 11.30 dengan jumlah peserta 100 orang per sesi.

Dalam simulasi tersebut, peserta diberi waktu sebanyak 20 menit untuk mengerjakan 20 soal. Soal diambil secara acak dari bank soal sehingga soal yang dikerjakan oleh peserta dapat berbeda dengan peserta lainnya. Materi soal terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karekteristik Pribadi yang dibuat semirip mungkin dengan Tes Seleksi Penerimaan CPNS/ASN yang sebenarnya. Namun Risharyanto, S.Sos menjelaskan bahwa soal-soal tersebut memang khusus disediakan untuk simulasi, sehingga tidak akan keluar dalam Seleksi Penerimaan CPNS/ASN.

Antusiasme masyarakat sangat besar terhadap acara ini. Terbukti dari jumlah pelamar yang sudah melebihi kuota hanya dalam waktu sehari setelah pengumuman Simulasi CAT diupload melalui situs resmi BKD DIY http://www.bkd.jogjaprov.go.id. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 886 orang sedangkan kuota yang disediakan panitia hanya sejumlah 600 peserta.

Acara ini digelar dengan tujuan memperkenalkan sistem seleksi penerimaan CPNS yang baru kepada masyarakat luas. Sebelumnya, pada tahun 2013 Pemerintah Daerah DIY masih melaksanakan Seleksi Penerimaan CPNS menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer). Kelebihan dari sistem CAT ini adalah peserta dapat langsung mengetahui skor masing-masing.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233