Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Ikuti Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka

Ketua Lembaga Negara Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro membuka Kegiatan Presentasi Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka di ruang Ivory 4 Hotel Atria Gading Serpong Kabupaten Tangerang Banten, Senin (27/03/2023). Acara pembukaan turut dihadiri Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyuda, Komisioner Bidang Kelembagaan Handoko Agung Saputro selaku PJ Anugerah Tinarbuka, Komisioner Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik Gede Narayana, Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi Rospita Vici Paulyn, Komisioner Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Samrotunnajah Ismail, dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Syawaludin, sejumlah Kepala Daerah, seperti Bupati/Walikota, Kepala Badan/Direktur SKPD serta Ketua KPU/Bawaslu dari seluruh Indonesia yang telah dinyatakan lolos tahap penilaian administrasi.

Kegiatan Anugerah Tinarbuka tersebut kali pertamanya diberikan kepada Penyelanggara Pemilu (KPU/Bawaslu), Kepala Dinas/Direktur/Badan dan Kepala Daerah. Kegiatan Anugerah Tinarbuka dilaksanakan dalam rangka memperingati lahirnya Undang-undang Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) atau Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), sekaligus menjadi tonggak pembentukan Komisi Informasi baik Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev., menjadi nominator Anugerah Tinarbuka Satuan Kerja Perangkat Daerah yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat. Amin Purwani merupakan nominator yang diusulkan oleh Komisi Informasi Daerah DIY dan telah dinyatakan lolos penilaian administrasi. Selanjutnya Amin juga telah mengikuti presentasi uji kepatutan pada hari Senin, 27 Maret 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat di ruang Ivory 2 (Ruang HAKIN 1) di Hotel Atria Serpong, Tangerang, Provinsi Banten.

Dalam kesempatan ini, Amin Purwani memaparkan komitmen keterbukaan informasi, upaya-upaya Badan Kepegawaian Daerah DIY dalam menumbuhkembangkan keterbukaan informasi, dan inovasi-inovasi keterbukaan informasi di Badan Kepagawaian Daerah DIY. Tim Penilai yang terdiri dari Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Arya Sandhiyudha sebagai Ketua Tim Penilai, Komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi & Edukasi KIP, Hj. Samrotunnajah Ismail SE, M.Si., Pandji Saputra dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Rega Tadeak dari Kementerian Dalam Negeri, dan Fadly Ilhamy Sikumbang dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan.

Presentasi ini bertujuan untuk menggali dan menilai visi dan komitmen pemerintah daerah dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik di daerah masing-masing. Alokasi waktu paparan selama 35 Menit dimana 10 menit presentasi dan 25 menit diskusi dan pendalaman atas materi presentasi.

Selain BKD DIY yang menjadi nominator pada Anugerah Tinarbuka pada kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah, Bupati Kabupaten Bantul, H. Abdul Halim Muslih menjadi nominator Anugerah Tinarbuka Kategori Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi DIY dan KPU Provinsi DIY juga menjadi nominator Anugerah Tinarbuka kategori Penyelenggara Pemilu, yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233