Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Kunjungan Kerja BKD Provinsi Jawa Timur Dalam Rangka Studi Banding Pelayanan Kepegawaian di BKD DIY

Yogyakarta-Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian, Ritaningrum, selaku perwakilan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY menerima kunjungan kerja dari Badan Kegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur pada hari Rabu 20 Desember 2023 diruang Rapat A.

Kegiatan ini merupakan agenda dari BKD Provinsi Jawa Timur untuk melakukan studi banding kaitannya dengan Pelayanan Kepegawaian seperti layanan mutasi pegawai, kenaikan pangkat, pengelolaan jabatan fungsional dan pensiun. Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian mengucapkan selamat datang dan membuka sesi diskusi, diskusi berlangsung atraktif dan santai. Beberapa pertanyaan di lontarkan oleh BKD Pemprov Jawa Timur atas pelaksanaan pelayanan publik kepegawaian di Badan Kepegawaian Darah DIY. Dinamika yang begitu cepat dalam pengelolaan administrasi kepegawaian, menuntut pola kerja yang begitu cepat juga dimana harapannya dapat membuat sistem kerja dapat lebih efektif dan efisien.

Dinamika Regulasi yang begitu cepat, menuntut perubahan didalamnya, penyesuaian akan sistem dan prosedur kerja menjadi sebuah tantangan dalam memberikan waktu pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Ditahun 2024 pemberlakuan Kenaikan Pangkat atau KP Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan skema terbaru yakni enam periode akan dimulai pada bulan Februari akan datang, pemanfaatan aplikasi dari BKN yaitu SIASN, aplikasi ini menjadi angin segar bagi pengelolaan administrasi kepegawaian yang ada di daerah, sistem ini terintegrasi antara BKN dengan seluruh instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. SIASN akan memberikan kemudahan kepada pengguna layanan kepegawaian BKN karena seluruh proses pengajuan instansi disediakan berbasis layanan digital.

Kegiatan studi banding ini menjadi sharing session antara BKD Pemprov Jawa Timur dan BKD DIY, tentunya tujuannya adalah meningkatkan kompetensi dari masing-masing SDM dalam memberikan pelayanan publik. Praktik baik yang ada, baik yang telah dilakukan oleh BKD DIY maupun BKD Pemprov Jawa Timur akan melejitkan ide atau inovasi dalam pelayanan administrasi kepegawaian, tutur Ritaningrum.

Tim BKD Pemprov Jawa Timur tak lupa mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan berharap proses pembelajaran dan komunikasi tetap terus berlangsung dan berjalan baik. Studi banding ini, merupakan langkah ikhtiar untuk terus berbenah memperbaiki layanan yang ada, sesuai peran ASN melayani, maka ASN bukan hanya sekedar unsur aparatur negara melainkan juga abdi masyarakat yang bekerja untuk kepentingan masyarakat.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233