Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Musyawarah Daerah KORPRI Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022

Musyawarah Daerah Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Daerah Istimewa Yogyakarta yang diadakan di Gedung Pracimasana Komplek Kepatihan, Danurejan Yogyakarta, yang dihadiri Wakil Ketua III Dewan Pengurus KORPRI DIY, dr. Etty Kumolowati, M. Kes., Ketua Bidang Administrasi Umum Dewan Pengurus KORPRI DIY, Amin Purwani, S.H., M.Ec.Dev, dan serta tamu udangan.

Ketua Dewan Pengurus KORPRI DIY, Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Ketua III menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada segenap Keluarga Besar KORPRI yang telah melaksanakan dharma bhakti, pengabdian, kerja keras dalam melayani masyarakat DIY dan menjalankan roda pemerintahan selama kurun waktu 50 tahun kebelakang. Pengabdian yang diberikan setiap anggota Korpri kepada bangsa dan negara tidaklah boleh berhenti. Bagaimanapun, ekspektasi masyarakat semakin tinggi, seiring tantangan perubahan yang juga semakin kompleks, berbagai tantangan baru bisa muncul secara tak terduga, baik itu karena perkembangan teknologi maupun karena musibah dan pandemi.

“KORPRI sebagai wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus-menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas dan hanya berkomitmen terhadap kepentingan bangsa dan negara” imbuh Etty.

Di usia emasnya, KORPRI diharapkan terus menjaga mindset, sekaligus membangun cultural set untuk terus bertransformasi, memperkokoh sikap melayani, menjadi abdi masyarakat dan menjadi abdi negara, terus berinovasi dan mengembangkan cara baru yang lebih efisien, terus beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Etty mengatakan dalam mengabdi kepada negara perlu mempedomani beberapa hal, yaitu setiap anggota Korpri dalam berbagai jabatan harus memiliki nilai dasar yang sama, memberi layanan terbaik untuk masyarakat, berkompeten pada pelayanan, akuntabel, loyal, adaptif dan kolaboratif, melakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan, mengubah mindset, hindari ketidak-efisienan serta berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu dan tingkatkan e- government. Selain itu, juga membangun dan memperkokoh integritas aparatur, ciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel serta perkuat peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan.

Ketua Bidang Administrasi Umum membacakan Laporan pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2017-2022, tujuan penyusunan laporan untuk memberikan gambaran mengenai pelaksanaaan tugas yang telah diamanatkan organisasi selama masa bakti 2017-2022 dan mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan serta menginventarisir permasalahan-permasalahan yang timbul selama tahun 2017-2022 dan sebagai bahan penyusunan program kerja periode mendatang.

Pelaksanaan Program Kerja Dewan Pengurus KORPRI Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017-2022 antara lain, Bidang Organisasi dan Kelembagaan, melakukan perubahan susunan pengurus tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, tingkat Kabupaten, dan serta melakukan rapat-rapat pengurus KORPRI. Bidang Pembinaan Disiplin, Jiwa Korps dan Wawasan Kebangsaaan melalui kegiatan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dengan menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan HUT KORPRI. Bidang Kerohanian, Olahraga, dan Sosial Budaya pembinaan Rohani bagi anggota KORPRI, pembinaan Olahraga bagi anggota KORPRI. Bidang Administrasi telah memfasilitasi rapat-rapat Dewan Pengurus KORPRI, dan telah memfasilitasi kesekretariatan KORPRI dan kegiatan administratif lainnya.

Amin menambahkan, kendala yang dihadapi dalam menjalankan kegiatan organisasi selama 2 tahun terakhir adanya pandemi COVID-19 diberlakukan pembatasan kegiatan yang melibatkan banyak orang, sehingga berdampak pada kegiatan organisasi, terutama dalam pembinaan jiwa korsa, pandemi COVID-19 juga berdampak pada refocusing anggaran sehingga kegiatan yang direncanakan untuk pelaksanaan Pekan Olah Raga KORPRI daerah dan Training center MTQ untuk persiapan pengiriman kafilah pada Tahun 2020 tidak terlaksana. (And)


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233