Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

PAHLAWANKU INSPIRASIKU

Setiap Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, guna mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tragedi perjuangan pada 10 November 1945 di Surabaya.

Melansir laman resmi Kemensos, peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 mengusung tema “PAHLAWANKU INSPIRASIKU”, dengan maksud dan tujuan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan, membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Merperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.

Kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk mengenang para pahlawan. Mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari dapat dengan cara menunjukkan sikap kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.

ASN perlu merperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan yaitu menerapkan saling menghargai setiap budaya dan ciri khas dari masing-masing daerah di Indonesia, serta menunjukkan sikap bangga terhadap keberagaman yang ada di Indonesia. Selain itu, ASN juga perlu menerapkan sikap hormat kepada orang yang lebih tua, penanaman rasa solidaritas dan kerjasama antar instansi/organisasi/lembaga kemasyarakatan, perilaku hidup disiplin, tertib, bertanggung jawab, memiliki sifat sifat rela berkorban, tidak mementingkan diri sendiri, pemberani dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan yang diyakini.  

Perjuangan ASN dalam memberikan pelayanan publik yang prima, juga bisa dilakukan dengan cara bekerja dengan giat, rendah hati, mengutamakan darma bakti untuk kehidupan orang banyak, dan serta tidak mementingkan diri sendiri.

Selamat Hari Pahlawan dan jadilah generasi ASN yang memberikan dampak postif untuk kemajuan bangsa yang adil dan makmur. (diambil dari berbagai sumber/And)


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233