Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pencanangan Zona Instegritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Yogyakarta - Meningkatkan peranya sebagai instansi yang dapat memberikan pelayan publik secara maksimal, Badan Kepegawaian Daerah DIY menyelenggarakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang bertempat diruang Rapat Makarti Tama Kantor Badan Kepegawaian Daerah DIY Pada Hari Selasa 21 Februari 2023.

Pembangun Zona Integritas ini merupakan bentuk keseriusan dari Badan Kepegawaian Daerah DIY dalam meningkatkan pelayananya. Inilah bentuk nyata dari strategi pemerintah dalam pencegahan dan pemberantasan praktek, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Acara dihadiri beberapa stakeholder diantarannya Lembaga Ombudsman DIY, dan beberapa perwakilan dari SKPD di lingkungan Pemda DIY. Sejumlah tamu undangan memberikan respon yang positif atas pencanangan ini, dan ini bukti dukungan kepada Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY, Amin Purwani mengungkapkan pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan tantangan untuk menguji komitmen, kredibilitas dalam upaya pencegahan korupsi, peningkatan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Dalam kesempatnya beliau menuturkan jika Badan Kepegawaian Daerah DIY telah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sejak tahun 2021 yang dalam penerapannya telah melakukan manejemen perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Internalisasi akan komitmen ini tidak hanya untuk Top Manajemen saja, namun internalisasi ini harus sampai ke semua level pegawai yang ada di Badan Kepegawaian Daerah DIY yang di laksanakan sepenuh hati dengan sikap profesional.

Fuad selaku perwakilan dari Lembaga Ombudsman DIY menyampaikan, penurunan kepercayaan masyarakat akan kinerja pemerintah yang menurun membuat kepercayaan publik kepada pemerintah pun menurun. Saatnya pemerintah saat ini meningkatkan kepercayaan publik dengan membuat trobosan baru yang nyata. Akses informasi yang begitu cepat, begitu pula publikasi tanpa batas telah membuat sorotan akan kinerja pelayanan publik semakin tinggi. Tidak hanya dengan proses tetapi hasil dari pelayan publik yang buruk akan membuat sorotan tajam masyarakat akan instansi tersebut. Saatnya ASN menciptakan pelayanan publik yang berkualitas dengan pelayanan yang sepenuh hati dengan memanfaatkan sumberdaya yang di miliki yang dijalani dengan sikap profesional dengan menerapkan nilai budaya yang di pegang.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233