Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Sosialisasi Dokumen Elektronik Kepegawaian dan Aplikasi ASN Memayu Mobile

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi dokumen elektronik kepegawaian dan aplikasi ASN Memayu mobile di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, sosialisasi ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 8 Februari sampai dengan 10 Februari 2022 di Ruang Rapat “D” Badan Kepegawaian Daerah DIY yang dihadiri oleh seluruh perwakilan kepegawaian dari Instansi (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev. Dalam sambutannya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menyampaikan bahwa digitalisasi sistem pemerintahan merupakan salah satu perwujudan reformasi birokrasi melalui akselerasi pemanfaatan dukungan teknologi informasi secara intensif dan masif. Transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan juga mencakup bagaimana mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga mampu menciptakan suatu nilai tambah yang memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan. Persepsi dan anggapan bahwa aplikasi SIMPEG masih kaku, terlalu formal dan belum user friendly. menjadi pendorong utama untuk dilakukan rebranding Sistem Informasi Kepegawaian untuk menyegarkan kembali atau memperbaiki citra dari SIMPEG, serta mengharmonisasikan brand SIMPEG yang baru dan melakukan pembaharuan fitur dan interface yang diharapkan dapat mendukung arah strategi Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan manajemen kepegawaian yang lebih akurat, terintegrasi, real time dan berkualitas serta user friendly bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Rebranding SIMPEG menjadi ASN Memayu bertujuan mengubah persepsi ASN Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap brand SIMPEG terutama dalam penyelarasan pemanfaatan SIMPEG yang lebih mudah akses, mudah proses dan membantu dalam kesuksesan karir ASN, yang akan memberikan citra yang lebih baik bagi ASN Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pilihan nama Memayu diambilkan dari kata Memayu yang berasal dari kata hayu/ayu yang berarti cantik, indah atau harmoni. atau dengan kata lain Memayu (memayung) dapat diartikan sebagai melindungi dari segala hal yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan. Kepala Badan Kepegawaian DIY memaparkan ASN Memayu mengintegrasikan sistem Aplus Kinangkat (Kenaikan Pangkat), SIULAN (Pensiun), SI BELA (Jabfung), SI NABAN, PDM (Upload Dokumen Digital Mandiri) sehingga pegawai gampil akses, gampil proses, dan gampil sukses. "Ketika ASN Memayu sudah launching, akan diterbitkan kartu ID kita ini namanya Affinity Card, itu kerjasama dengan Bank BPD DIY yang berfungsi juga sebagai ATM, ini salah satu terobosan multifungsi", ungkap Amin Purwani.

Pada kegiatan ini Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan SIMPEG, Drs. Harry Susan P., M.A., M.A.P, mengajak perwakilan kepegawaian dari Instansi (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta yang hadir untuk turut mencoba aplikasi ASN Memayu. “Selain Aplikasi ASN Memayu berbasis mobile juga terdapat Aplikasi ASN Memayu berbasis web, namun untuk aplikasi ASN Memayu berbasis web saat ini masih dalam proses pengembangan”, ujar Harry Susan. (And)


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233