Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Badan Kepegawaian Daerah DIY Bersama Ilmu Ekonomi

Apa sih itu jurusan ilmu ekonomi?

Sadono Sukirno menyatakan Ekonomi adalah menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya (sumber daya alam dan sumber daya manusia). Dimana ilmu ekonomi ini tidak diciptakan secara mendadak akan tetapi berkembang melalui suatu proses yang panjang. Ilmu ekonomi juga di anggap sebagai suatu disipin ilmu yang baru memulai pada tahun 1776, sejak saat itulah ditulis dan diterbitkannya buku yang terkenal yang berjudul “The Wealth Of Nation tahun 1776” karya adam smith. Sejak saat itu ilmu ekonomi sebagai ilmu mengalami perkembangan yang begitu pesat dari tahun ke tahun. Tahun tersebut sering dianggap sebagai tahun kelahiran ilmu ekonomi dan adam smith sebagai bapak ilmu ekonomi. Jadi, yang diperhatikan bahwa bapak ekonomi adalah Adam Smith karena beliaulah yang memberikan dasar dan konsep yang jelas dan utuh.

Yang didapatakan apabila mengambil jurusan ekonomi sebagai berikut:

  1. Kemampuan matematika
  2. Dapat berfikir logis dan terstruktur
  3. Mampu menganalisis dengan baik
  4. Dapat menyelesaikan masalah
  5. Kemampuan berfikir kritis

Jurusan Ilmu ekonomi itu sendiri sangat di butuhkan di instansi dalam negeri yaitu sebagai analis, karena nantinya seorang analis itu sendiri memiliki peran yang cukup penting dalam roda perekonomian negara baik secara  mikro, makro, maupun publik. Akan tetapi jurusan ilmu ekonomi tidak hanya menjadi seorang analis, masih banyak yang lainnya antara lain:

  1. Konsultan Ekonomi, bertugas sebagai perusahaan keuangan, penelitian, hingga perusahaan agensi umum dan pribadi, untuk membantu memahami strategi, kebijakan dan masalah serta pemecahan masalahnya dalam bidang ekonomi.
  2. Manajer Keuangan, Memahami ilmu ekonomi secara global, bisa menduduki profesi sebagai manajer keuangan dengan tugas untuk memimpin keseluruhan departemen perusahaan dan memastikan seluruhnya sudah mencapai keuangan yang maksimal.
  3. Auditor, bertugas untuk melakukan pemeriksaan status keuangan dan akuntansi pada suatu perusahaan serta membantu menemukan dana atau uang yang tidak tercatat di perusahaan.
  4. Analis Aktuaria, bertugas untuk mengurus masalah resiko keuangan terkait dengan masa depan individu atau perusahaan (Asuransi).

Lalu apa bisa ekonomi bergabung dengan Badan Kepegawaian Daerah DIY?

Jawabannya sudah pasti bisa, tak bisa di pungkirin jurusan ekonomi adalah jurusan yang bisa masuk di instansi dalam negeri ataupun luar negeri. Dan hal-hal  yang dilakukan seorang ekonomi antara lain:

  1. Seorang ekonomi dituntut untuk melihat bagaimana pemerintah ini mendistribusikan APBN/APBD untuk pembangunan.
  2. Melalukan pengelolahan belanja pegawai dan non pegawai serta pengendalian pengawasan pembukuan perbendaharaan.
  3. Seorang ekonom juga dapat membuat laporan arus kas keluar dan masuk.
  4. Mengimput data dimana tugas ini sangat membantu pegawai di bagian keuangan. Dimana tugas tersebut digunakan untuk kwintasi transport.
  5. Dapat menyeleaikan masalah dengan baik dan benar.
  6. Mampu menganalisa berbagai isu masalah untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

Jadi ilmu ekonomi memiliki konsentrasi terkait pengelolaan anggaran untuk suatu pembangunan, akan tetapi tidak hanya dapat bekerja di Badan Kepegawaian Daerah tetapi ada beberapa prospek kerja yang bisa digeluti adalah berperan sebagai tenaga ahli pada berbagai instansi, baik di pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga non profit, lembaga penelitian, atau organisasi publik. Beberapa sektor yang bisa dipilih seperti keuangan, perbankan, teknologi, lingkungan, dan energi.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2022 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244