Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Badan Kepegawaian Daerah DIY senantiasa memberikan kualitas pelayanan terbaiknya kepada masyarakat yang membutuhkan. BKD DIY telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2015 sejak tahun 2016. Implementasi ini meliputi semua layanan yang ada di BKD DIY dan Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai.

Upaya-upaya perbaikan terus dilakukan, dengan harapan terjadi adanya peningkatan kualitas manajemen layanan kepegawaian secara berkelanjutan, sehingga mampu memenuhi harapan pengguna dan masyarakat.

Pada hari kamis 22 September 2022 telah dilakukan pelaksanaan Surveillance Audit Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA) Indonesia. Rangkaian kegiatan dimulai dengan opening ceremony yang dibuka oleh kepala BKD DIY Ibu Amin Purwani yang bertempat diruang rapat D BKD DIY. Audit dilaksanakan secara onsite oleh bapak Achmad Setyahadi dan bapak Hari Wibowo selaku auditor dari Worldwide Quality Assurance (WQA) Indonesia.

Audit surveillance yang dijalani oleh BKD DIY ini untuk memastikan bahwa standar mutu pada semua layanan di BKD DIY dan Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai sesuai dengan standar dan ketentuan yang dalam dipersyaratkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.

Audit Surveillance adalah audit (pemantauan) yang wajib dilakukan oleh lembaga sertifikasi independen terhadap instansi/oragnisasi yang telah bersertifikat ISO. Tujuan audit tersebut yaitu, memastikan kembali apakah ada perubahan terhadap sertifikasi maupun sistem manajemen; perbaikan terhadap sistem manajemen mutu; mendukung perolehan sertifikasi/sertifikat ISO 9001:2015 yang telah diperoleh untuk seluruh unit layanan yang ada di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Dari Hasil Surveillance Audit ISO 9001:2015 BKD DIY masih menjalankan prinsip-prinsip penjaminan mutu layanan dengan baik sehingga masih dinyatakan layak untuk dapat mempertahankan sertifikasi ISO 9001:2015 terhadap Mutu semua Layanan.



Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menyelenggarakan ajang BKN Award di tahun 2022. BKN Award 2022 merupakan Penghargaan yang diberikan bagi Instansi Pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing, mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN. Adapun penilaian BKN Award 2022 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu: Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian; Penilaian Kompetensi; Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja; Penerapan Pemanfaatan Data - Sistem Informasi dan CAT. Ketiga, kategori special mention yakni Pilot Project SIASN; dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih 3 (tiga) penghargaan BKN Award 2022. Diumumkan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, Kamis, 21 Juli 2022, ketiga penghargaan yang diraih oleh Pemerintah Daerah DIY adalah sebagai berikut:

  1. Kategori elemen Implementasi Manajemen ASN Penilaian Kompetensi
  2. Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian
  3. Kategori Utama Implementasi Manajemen ASN Terbaik

Ketiga penghargaan tersebut merupakan hal yang patut dibanggakan oleh Pemerintah Daerah DIY. Pasalnya, Pemerintah Daerah DIY berhasil mempertahankan jumlah prestasi dalam ajang ini seperti tahun sebelumnya.

Data Perolehan BKN Award Pemerintah Daerah DIY dari tahun 2015-2021:

Tahun

Kategori BKN Awards

Keterangan

2015

Implementasi Seleksi CPNS Berbasis CAT

Peringkat III

2016

Implementasi CAT Untuk Manajemen ASN

Peringkat III

Layanan Pensiun

Peringkat II

2017

Pengelola Kepegawaian Terbaik

Peringkat I

2019

Komitmen Pengawasan

Peringkat III

2020

Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan Pegawai, Kepangkatan dan Pensiun

Peringkat II

2021

Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun

Peringkat II

Implmentasi Penilaian Kinerja

Peringkat II

Komitmn Penawasan dan Pengendalian

Peringkat II

Penyerahan Award BKN 2022 telah dilakukan di Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, pada Selasa, 6 September 2022. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima penghargaan tersebut dari Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara Supranawa Yusuf yang datang bersama rombongan, pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono, Kepala BKD DIY Amin Purwani, beserta jajaran Asisten Sekretaris Daerah DIY, dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Daerah DIY. 

Momen penghargaan ini tentu sangat berarti bagi Pemerintah Daerah DIY. Penghargaan ini memliki nilai apresiasi yang nyata untuk kinerja ASN di Pemerintah Daerah DIY dan nilai penyemangat untuk terus maju dan menjadi semakin baik dalam memberikan pelayanan.


Apa sih itu jurusan ilmu ekonomi?

Sadono Sukirno menyatakan Ekonomi adalah menganalisa biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber daya (sumber daya alam dan sumber daya manusia). Dimana ilmu ekonomi ini tidak diciptakan secara mendadak akan tetapi berkembang melalui suatu proses yang panjang. Ilmu ekonomi juga di anggap sebagai suatu disipin ilmu yang baru memulai pada tahun 1776, sejak saat itulah ditulis dan diterbitkannya buku yang terkenal yang berjudul “The Wealth Of Nation tahun 1776” karya adam smith. Sejak saat itu ilmu ekonomi sebagai ilmu mengalami perkembangan yang begitu pesat dari tahun ke tahun. Tahun tersebut sering dianggap sebagai tahun kelahiran ilmu ekonomi dan adam smith sebagai bapak ilmu ekonomi. Jadi, yang diperhatikan bahwa bapak ekonomi adalah Adam Smith karena beliaulah yang memberikan dasar dan konsep yang jelas dan utuh.

Yang didapatakan apabila mengambil jurusan ekonomi sebagai berikut:

  1. Kemampuan matematika
  2. Dapat berfikir logis dan terstruktur
  3. Mampu menganalisis dengan baik
  4. Dapat menyelesaikan masalah
  5. Kemampuan berfikir kritis

Jurusan Ilmu ekonomi itu sendiri sangat di butuhkan di instansi dalam negeri yaitu sebagai analis, karena nantinya seorang analis itu sendiri memiliki peran yang cukup penting dalam roda perekonomian negara baik secara  mikro, makro, maupun publik. Akan tetapi jurusan ilmu ekonomi tidak hanya menjadi seorang analis, masih banyak yang lainnya antara lain:

  1. Konsultan Ekonomi, bertugas sebagai perusahaan keuangan, penelitian, hingga perusahaan agensi umum dan pribadi, untuk membantu memahami strategi, kebijakan dan masalah serta pemecahan masalahnya dalam bidang ekonomi.
  2. Manajer Keuangan, Memahami ilmu ekonomi secara global, bisa menduduki profesi sebagai manajer keuangan dengan tugas untuk memimpin keseluruhan departemen perusahaan dan memastikan seluruhnya sudah mencapai keuangan yang maksimal.
  3. Auditor, bertugas untuk melakukan pemeriksaan status keuangan dan akuntansi pada suatu perusahaan serta membantu menemukan dana atau uang yang tidak tercatat di perusahaan.
  4. Analis Aktuaria, bertugas untuk mengurus masalah resiko keuangan terkait dengan masa depan individu atau perusahaan (Asuransi).

Lalu apa bisa ekonomi bergabung dengan Badan Kepegawaian Daerah DIY?

Jawabannya sudah pasti bisa, tak bisa di pungkirin jurusan ekonomi adalah jurusan yang bisa masuk di instansi dalam negeri ataupun luar negeri. Dan hal-hal  yang dilakukan seorang ekonomi antara lain:

  1. Seorang ekonomi dituntut untuk melihat bagaimana pemerintah ini mendistribusikan APBN/APBD untuk pembangunan.
  2. Melalukan pengelolahan belanja pegawai dan non pegawai serta pengendalian pengawasan pembukuan perbendaharaan.
  3. Seorang ekonom juga dapat membuat laporan arus kas keluar dan masuk.
  4. Mengimput data dimana tugas ini sangat membantu pegawai di bagian keuangan. Dimana tugas tersebut digunakan untuk kwintasi transport.
  5. Dapat menyeleaikan masalah dengan baik dan benar.
  6. Mampu menganalisa berbagai isu masalah untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

Jadi ilmu ekonomi memiliki konsentrasi terkait pengelolaan anggaran untuk suatu pembangunan, akan tetapi tidak hanya dapat bekerja di Badan Kepegawaian Daerah tetapi ada beberapa prospek kerja yang bisa digeluti adalah berperan sebagai tenaga ahli pada berbagai instansi, baik di pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga non profit, lembaga penelitian, atau organisasi publik. Beberapa sektor yang bisa dipilih seperti keuangan, perbankan, teknologi, lingkungan, dan energi.


Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik 4 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY pada hari Kamis, tanggal 11 Agustus 2022 di Bangsal Kepatihan, komplek kantor Gubernur DIY. Pelantikan dihadiri oleh Ketua DPRD DIY, Anggota Forkopimda, Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara, Sekretaris Daerah DIY, dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY menyampaikan bahwa sebagai mata rantai road-map berkelanjutan regenerasi dalam jenjang ASN, ditandai dengan promosi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan dan sekaligus memastikan kesinambungan roda pemerintahan. “Regenerasi jangan dipandang sebagai proses peremajaan usia semata, tetapi harus dibarengi usaha rejuvenasi, membawa spirit recharge the battery, agar kendaraan bisa lari lebih kencang tanpa hambatan”, ungkap Sri Sultan.

Lelang jabatan adalah bentuk promosi jabatan yang transparan dan selektif. Transparan, karena terbuka bagi setiap orang yang memenuhi syarat kepangkatan, dan layak mendaftarkan diri untuk mengisi jabatan yang tersedia. Selektif, karena prosesnya melalui uji kompetensi. Lelang jabatan memiliki sumbangan positif pada Reformasi Birokrasi, karena merekrut pejabat yang memenuhi syarat meritokrasi dan kompetensi.

“Bagi yang dilantik, bukanlah sekadar sosok Kepala Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD), tetapi juga seorang Pemimpin sekaligus Manajer, Pemimpin berkontribusi terhadap kinerja yang efektif-inovatif. Manajemen menjalankansecara kreatif-efisien. Pemimpin mengerjakan hal-hal yang benar dan tepat do right things. Manajer mengerjakannya dengan benar dan tepat do thing right”, pesan Sri Sultan.

Mekanisme tugas, fungsi dan tata kerja Perangkat Daerah menggunakan cascading dan alignment layaknya air terjun berundak. Dengan mengacu pada prinsip mengatur Manajemen Kinerja yang merupakan derivasi Visi dan Misi dengan alur berurutan RPJMD, Sasaran Strategis, Kebijakan, Program dan Pelaksanaan. Esensinya, target di setiap Eselon perlu pengukuran Indikator Kinerja Utama (IKU), dari Eselon II ke Eselon III-IV dan atau Pejabat Fungsional setara, hingga level pelaksana. Sebagai implikasi dari misi Panca-Mulia, pelaksanaan program memiliki model induk Silang OPD level Provinsi dan Silang OPD Kabupaten/Kota dalam satu rumpun, agar tercapai keberhasilan diperlukan penyelarasan program antar level Pemerintahan. Gubernur DIY berpesan bagi para Pejabat baru, sinergi harus disemangati oleh sikap mutual-understanding dan mutual-trust, jauh dari sikap egoisme-sektoral.

Maka, ubahlah cara berpikir dan bertindak sekarang juga, Kolaborasi atau Mati, Collabs or Collapse, Selain itu Pimpinan Pratama harus men-deliver kapabilitas pribadi guna meningkatkan kapasitas kinerja OPD yang dipimpinnya”, imbuh Sri Sultan.


Pada hari Rabu (2/8/2022), Pemerintah Daerah DIY melalui BKD DIY menerima Lulusan IPDN Angkatan XXIX Asal Pendaftaran DIY Tahun 2022 dari Kementerian Dalam Negeri. Sebanyak 31 Lulusan IPDN tersebut diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri di di Kampus IPDN Jatinangor.

Dalam kesempatan itu Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi BKD DIY, Poniran hadir mewakili Pemerintah DIY untuk menerima ke-31 Lulusan IPDN Angkatan XXIX tersebut.

Sebelum acara serah terima ini, sebanyak 1992 Lulusan IPDN Angkatan XXIX termasuk 31 Lulusan IPDN asal pendaftaran DIY telah diwisuda pada tanggal 28 Juli 2022 oleh Menteri Dalam Negeri dan telah dilantik sebagai Pamong Praja Muda oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 2 Agustus 2022.

Dengan diserahkannya Lulusan IPDN ini ke Pemerintah Daerah DIY, maka selanjutnya BKD DIY akan mengatur penempatan dan memfasilitasi orientasi tugas para lulusan IPDN ini sesuai disiplin ilmu yang diperoleh selama pendidikan di IPDN, TMT. 1 Agustus 2022 sampai dengan ditetapkan keputusan penugasan/penempatannya.

Para Lulusan IPDN ini kemudian akan dinilai kinerjanya serta akan dilaporkan rekap kehadirannya secara periodik setiap 3 bulan atau apabila terjadi pelanggaran disiplin kepada Kementerian Dalam Negeri. Mereka juga diwajibkan mengikuti Pelatihan Dasar (LATSAR) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III dengan waktu dan jadwal yang akan diinformasikan selanjutnya.

 Lulusan IPDN Angkatan XXIX kemudian diserahkan kepada orang tua masing-masing pada hari ini, Rabu (3/8/2022) di Ruang Rapat "D" BKD DIY.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2022 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • +62274 562150, +62274 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Kyai Mojo No.56, Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244