Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Penyerahan SK Pemberian Kenaikan Pangkat Anumerta, Pemberhentian, dan Pensiun Janda sekaligus Penyerahan Manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (Tewas) kepada keluarga PNS Pemda DIY.

Pada hari Kamis, tanggal 06 Juni 2024 telah dilakukan penyerahan SK Pemberian Kenaikan Pangkat Anumerta oleh Sekretaris BKD DIY, Bapak Poniran sekaligus penyerahan manfaat program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (Tewas) oleh Kepala Cabang PT. TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Yogyakarta, Bapak Nugraha Agus Wibowo kepada ahli waris dari Alm PNS Pemda DIY.



Memperhatikan surat permohonan pindah antar instansi ke lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan berdasarkan Peraturan Gubernur DIY Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pedoman Mutasi PNS, kami mengundang Saudara menjadi peserta seleksi mutasi PNS masuk Pemerintah Daerah DIY dan Akuisisi Talenta Eksternal dengan tahapan dapat diunduh pada tautan di bawah ini:


Yogyakarta- Badan Kepegawaian Daerah DIY menerima kunjungan kerja dari BPSDM Jawa Timur, Jumat 31 Mei 2024 diruang Rapat Sasana Makarti Tama. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Studi Lapangan Diklat Pengembangan Dan Perubahan Mindset ASN di BPSDM Jawa Timur.  Sejumlah 40 peserta diklat mengikuti kegiatan ini dan langsung disambut oleh Amin Purwani Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Perkembangan birokrasi yang cepat dan dinamis, menuntut perubahan didalamnya, sudah saatnya mindset ASN untuk berubah. ASN bukanlah hanya pekerja kantoran yang administratif tetapi lebih dari itu selayaknya ASN menjadi insan peradaban yang mampu melayani dan memberikan contoh atas integritas yang dimiliki, tutur Amin Purwani dalam sambutan diklat.

Laju perkembangan yang ada di Pemda DIY, bukanlah diraih dalam semalam, prestasi atau keberhasilan yang telah didapat saat ini merupakan sebuah proses pembelajaran yang panjang. Komitmen dari top manajemen dalam hal ini Gubenur DIY telah memberikan motivasi untuk terus tumbuh dan berkembang.  Sinergisitas antar sektor yang ada di dalamnya baik dari Pemda DIY, Kabupaten/Kota atau pun dari sektor eksternal telah mampu membangun Daerah Istimewa Yogyakarta lebih baik. Peran sistem informasi teknologi menjadi kunci, di era industri 5.0 menuntut kecepatan dalam pelayanan. Adanya sistem informasi yang canggih tak membuat ASN menjadi berpangku tangan saja, pengembangan kompetensi harus ditingkatkan agar tercapai kolaborasi yang harmonis atas Teknologi Informasi dan ASN.

Peserta diklat sangat antusias mendengarkan pemaparan dari BKD DIY, kegiatan studi lapangan ini menjadi sharing session antara peserta, tentunya tujuannya adalah meningkatkan kompetensi dari masing-masing peserta diklat. Semoga diskusi ini akan menjadi penyegaran atas sebuah ikhtiar untuk terus berbenah diri dalam memperbaiki pengelolaan manajemen kepegawaian yang ada nantinya.


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) membuka Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Pengumuman seleksi terbuka itu tertulis dalam Surat Panitia Seleksi, Nomor 2158/KP.02/B2/2024 tanggal 21 Mei 2024 dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dengan ini diumumkan kepada Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi terbuka pada jabatan sebagai berikut:


“Manajemen Talenta di Pemerintah Daerah DIY bukan sekedar inisiatif melainkan revolusi dalam cara memandang dan cara mengelola sumber daya manusia kita”, ucap Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono dalam sambutannya pada Acara Kick Off Manajemen Talenta Pegawai Negeri Sipil Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertajuk Manajemen talenta sebagai Enabler Mewujudkan pancamulia Masyarakat Yogyakarta, di Gedhong Pracimasana Kepatihan Yogyakarta, Selasa,(28/5/24).

Acara Kick Off Manajemen Talenta ini dihadiri oleh Asisten KASN 3 Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Meriy Wilayah I Irwan Agustiawan Fuad, Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I KASN Sri Hadiati Wara Kustriani, Kepala BKN Regional I Yogyakarta, Sekretaris Daerah Kab/Kota se-DIY dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY.

Pada tahun 2023 Pemda DIY telah berhasil memperoleh predikat “SANGAT BAIK” dengan total nilai 349 pada penilaian penerapab Sistem Merit. Pemda DIY telah merancang sebuah sistem yang kokoh dan berintegrai dengan kebijakan yang cermat. Peraturan Gubernur DIY yang telah ditetapkan, dari Nomor 88 Tahun 2020 hingga Nomor 50 Tahun 2022 mencerminkan komitmen kita untuk membangun masa depan yang lebih baik melalui pengembangan talenta. “ini (pergub dan komitmen) tersebut menjadi dasar yang kuat untuk menciptakan pemimpin masa depan, dan memastikan keselarasan antara kompetensi dan kebutuhan strategis organisasi kita”, ungkap Beny.

Lebih lanjut Beny menjelaskan bahwa dalam penerapan manajemen talenta Pemda DIY telah melangkah lebih jauh dengan mengembangkan aplikasi Si Maca Ageng, sebuah sistem informasi manajemen talenta yang revolusioner. Si Maca Ageng merupakan Langkah nyata yang dilakukan Pemda DIY untuk memastikan Pemda DIY memiliki data yang akurat dan relevan untuk setiap ASN di Pemda DIY. Dengan data tersebut Pemda DIY dapat mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan talenta terbaik yang dimiliki.

Beny optimis dengan gotong royong dan komitmen bersama akan dapat mengatasi beberapa tantangan dalam penerapan manajemen talenta di antaranya penguatan komitmen, pemenuhan kebutuhan infrastruktur san transisi UU ASN yang baru.

Ke depan, Pemda DIY akan melakukan seleksi mutasi, akuisisi talenta eksternal, dan evaluasi implementasi manajemen talenta yang dipastikan akan dilakukan secara transparan, penuh integritas dan menjunjung tinggi prinsip meritokrasi.

“Mari jadikan Pemda DIY sebagai teladan dalam manajemen talenta yang efektif dan efisien. Kita memiliki visi yang jelas, kebijakan yang kokoh, dan sistem yang canggih. Sekarang, saatnya kita bergerak maju dengan penuh semangat dan keyakinan. Saya yakin, dengan komitmen kita semua, kita akan menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk Yogyakarta dan Indonesia. Mari kita wujudkan Bersama!” tutup Beny.


Yogyakarta (22/5/2024) Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Kepegawaian Daerah DIY telah mengadakan kegiatan Ujian Dinas Tingkat I bagi PNS golongan ruang II/d yang akan naik pangkat ke golongan ruang III/a. Pelaksanaan Ujian Dinas Tingkat I diselenggarakan pada tanggal 21-22 Mei 2024. Ujian ini di ikuti oleh peserta yang berasal dari kabapaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, 39 peserta dari Kabapaten Sleman, 41 peserta dari Gunung Kidul dan 11 peserta dari Kabupaten Bantul, sehingga total peserta ujian dinas berjumlah 91 orang.

Ujian dinas ini untuk menilai kompetensi pegawai yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi. Lebih dari itu, ujian dinas merupakan satu tahapan penting dalam rangka pengembangan karir seorang ASN. Penyelenggaraan ujian ini tidak hanya untuk mengukur kompetensi yang telah dimiliki oleh peserta, tetapi juga sebagai sarana untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ada dua tahapan dalam ujian dinas tahun ini, pada hari pertama, ujian dilaksanakan dengan metode CAT atau Computer Assisted Test, tentunya untuk menunjukkan kemampuan terbaik dari peserta. Lanjut di hari kedua, ujian berupa essay dimana untuk menguji kemampuan analis atas sudut pandang dari materi yang telah diberikan sebelumnya pada tanggal 16 Mei 2024.

Organisasi yang terus berkembang menuntut SDM yang mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut. Inilah babak baru dari proses karir seorang ASN, tekad yang kuat untuk terus maju dan berkembang menjadi tantangan didepan mata, tentunya mampu memberikan dedikasinya bagi kinerja organisasi.


Yogyakarta- Badan Kepegawaian Daerah DIY menerima kunjungan kerja Sekretariat Jendral DPD RI, Senin 20 Mei 2024 diruang Rapat Sidoluhur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Studi Tiru (Benchmarking) Reformasi Pengelolaan Kinerja Pegawai di Lingkungan Pemda DIY. Acara ini disambut dan dibuka oleh perwakilan BKD DIY, Widanta Arintaka selaku Kepala Bidang Kedudukan Hukum dan Kesejahteraan Pegawai.

Poedji yang merupakan ketua rombongan, dalam sambutannya mengatakan, Benchmarking ini sangat diperlukan mengingat perubahan yang kian dinamis dalam manajemen ASN di perlukan refreshmen untuk dapat dijadikan strategi dalam pengelolaan kinerja pegawai.

Widanta mengucapkan selamat datang dan membuka dengan memaparkan pengelolaan kinerja pegawai dilingkungan Pemda DIY. Penerapan manajemen kinerja digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai kontribusi ASN atas proses penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu diperlukan penilaian kinerja yang akurat dan obyektif. Penilaian kinerja yang efektif dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk mengembangkan pegawai, pemberian kesejahteraan, penilaian kinerja aparatur dan sebagainya. Penilaian kinerja pegawai di Pemda DIY sudah menggunakan aplikasi https://si-informan.jogjaprov.go.id/, aplikasi ini digunakan untuk mengisi Dialog Kinerja Individu (DIARINDU) dan Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Kinerja PNS). Dialog Kinerja Individu (DIARINDU) merupakan dialog kinerja antara pimpinan dengan pejabat dan pegawai dibawahnya secara efektif dan berkala sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi kinerja. Sedangkan Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Kinerja PNS) adalah rencana kinerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS yang harus dicapai setiap tahun. Penilaian kinerja individu harus inline dengan sasaran kinerja organisasi, karena setiap individu yang ada dalam organisasi harus mensukseskan kinerja organisasinya.

Kegiatan studi banding ini menjadi sharing session antara Sekretariat Jendral DPD RI dan BKD DIY, tentunya tujuannya untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan manajemen ASN. Best Practice yang sudah ada baik di Lingkungan Sekretariat Jendral DPD RI maupun di Lingkungan Pemda DIY akan menjadi penyegaran dari sebuah sebuah ikhtiar untuk terus berbenah diri dalam memperbaiki pengelolaan kinerja kepegawaian. Dinamika dalam manajemen kepegawaian yang cukup tinggi menuntut organisasi harus terus belajar karena tantangan kedepannya akan jauh lebih banyak.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233