Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

BKD DIY Menerima Kunjungan Kerja Dari BKD Provinsi Kalimantan Selatan

Yogyakarta- Badan Kepegawaian Daerah DIY menerima kunjungan kerja dari BKD Pemprov Kalimantan Selatan, Rabu 8 Mei 2024 diruang Rapat A. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai di lingkungan BKD Pemprov Kalimantan Selatan. Acara ini disambut dan dibuka oleh perwakilan BKD DIY yaitu Sri Winarni selaku Kepala Subbidang Keuangan. Kegiatan ini turut dihadiri oleh perwakilan Jabatan Fungsional yang berada di Lingkungan BKD DIY.

Kegiatan ini merupakan agenda dari BKD Provinsi Kalimantan Selatan untuk melakukan studi banding kaitannya dengan Perencanaan Anggaran dan Pengembangan Karir ASN. Sri Winarni mengucapkan selamat datang dan membuka sesi diskusi, diskusi berlangsung atraktif dan santai. Beberapa pertanyaan di lontarkan oleh BKD Pemprov Kalimantan Selatan baik tentang perencanaan anggaran maupun pelaksanaan pelayanan publik kepegawaian di Badan Kepegawaian Darah DIY. Untuk di Pemda DIY perencanaan anggaran diawali dengan perumusan Visi dan Misi Gubernur DIY. Visi dan Misi inilah yang menjadi pedoman pelaksanaan kegiatan di OPD yang ada di DIY. Perencanaan anggaran di Pemda DIY telah mengadopsi penggunaan teknologi informasi, penggunaan aplikasi SIPD dan aplikasi Sengguh telah memberikan kemudahan dalam proses perencanaan maupun pengawasan anggaran. Penjabaran strategi kinerja melalui cascading telah memberikan warna tersendiri dalam menjalankan kegiatan, penyelarasan strategi baik vertical maupun horizontal telah menuntut setiap unit harus mendukung target maupun sasaran organisasi. Oleh karena itu setiap penggunanaan anggaran harus disesuaikan dengan sasaran strategi BKD DIY yang dituju. Adanya anggaran yang terbatas bukan menjadi penghalang untuk Pemda DIY berkembang, tentunya menjadi tantangan bagaimana menyiapkan generasi apratur yang berdaya saing.

Badan Kepegawaian Daerah DIY memiliki tugas dan fungsi penunjang urusan kepegawaian, bukan hal mudah dalam mengelola kepegawaian didalamnya. Perubahan regulasi yang begitu cepat dalam pengelolaan administrasi kepegawaian, menuntut pola kerja yang begitu cepat dimana harapannya dapat membuat sistem kerja dapat lebih efektif dan efisien, tutur Ani Astuti selaku perwakilan Jabatan Fungsional Analis Sumber Daya Aparatur.

Proses bisnis yang panjang dimulai dari pengadaan pegawai, mutasi, pengembangan kompetensi, kenaikan pangkat, pengembangan karir pegawai, penilaian kinerja hingga mekanisme pensiun pegawai memiliki dinamika yang berbeda-beda. Pemanfataan teknologi informasi dengan digitalisasi Manajemen ASN menjadi solusi permasalahan yang ada, tidak hanya itu koordinasi lintas sektor pun terus di kembangkan dan ditingkatkan dengan tujuan meningkatkan kapasitas SDM Aparatur yang ada di DIY.

Kegiatan studi banding ini menjadi sharing session antara BKD Provinsi Kalimantan Selatan dan BKD DIY, tentunya tujuannya adalah meningkatkan kompetensi dari masing-masing SDM. Studi banding ini merupakan langkah ikhtiar untuk terus berbenah diri dalam memperbaiki layanan kepegawaian. Dinamika dalam manajemen kepegawaian yang cukup tinggi menuntut organisasi harus terus belajar karena tantangan kedepannya akan jauh lebih banyak.

Widarti selaku sekretaris dari BKD Pemprov Kalimantan Selatan tak lupa mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dan berharap proses pembelajaran dan komunikasi tetap terus berlangsung dan berjalan baik.

 






Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233