Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Etika Pegawai menjadi Topik Hangat Pembekalan Calon Pegawaian Negeri Sipil Pemda DIY Tahun 2019

Setelah menyelesaikan proses penetapan NIP CPNS Formasi Tahun 2018, Badan Kepegawaian Daerah DIY menyelenggarakan pembekalan bagi CPNS Pemda DIY. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY R. Agus Supriyanto didampingi oleh Kepala Bidang Pengembangan Pegawai.

Mayoritas CPNS merupakan generasi milenial menjadi perhatian khusus. Generasi milenial memiliki karakteristik cerdas, namun di sisi lain, generasi ini kadang kurang memperhatikan etika. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menyampaikan pesan agar CPNS senantiasa menjaga etika. “Jangan karena berpendidikan S2, kemudian tidak mau disuruh mengantar surat”, pesan Kepala Badan Kepegawaian Daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah juga menyampaikan agar CPNS dapat bersikap kritis. Ide-ide baru perlu disampaikan. Apabila ada hal-hal yang dianggap kurang pas, CPNS dapat mengkritisi hal tersebut. “Kalau disuruh ikut rapat, sampaikan pendapat, bicara, harus kritis. Jangan cuma menunggu arahan pimpinan. Tapi tetap, harus disampaikan dengan baik dan sopan”.

Selanjutnya, CPNS mendapat materi pembekalan mengenai persiapan penyerahan SK CPNS. Dalam acara Penyerahan SK CPNS, peserta akan diminta mengenakan pakaian tradisional Jawa. Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan SIMPEG Poniran, SIP, MA menyampaikan beberapa ketentuan terkait pakaian tradisional Jawa. Banyaknya CPNS yang berasal dari luar Yogyakarta memberikan ide perlunya pengetahuan mengenai budaya Jawa, salah satunya pengetahuan tentang busana tradisional Jawa. “Ada perbedaan antara busana Jawa gaya Jogja dan gaya Solo. Misalnya, blangkon gaya Jogja ada mondolannya. Kalau tidak, berarti itu gaya Solo”, kata Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan SIMPEG.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai, Wahyu Widayat, S.STP juga menyampaikan hal-hal terkait persiapan Diklatsar CPNS. Diklatsar CPNS Pemda DIY terbagi menjadi satu angkatan Golongan II dan 18 angkatan Golongan III. Diklatsar akan dimulai pada tanggal 4 April 2019 dan diperkirakan akan selesai pada bulan Oktober 2019.

Untuk mempermudah pembuatan rekening gaji CPNS, Badan Kepegawaian Daerah bekerjasama dengan Bank BPD DIY Cabang Utama. Dalam acara tersebut, CPNS difasilitasi untuk membuat rekening secara kolektif. Hal ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi CPNS, terutama bagi CPNS yang berasal dari luar daerah.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233