Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Mempersiapkan Diri Menghadapi Seleksi CPNS Dan PPPK

Tahun 2024 menjadi momen krusial bagi ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi. Persiapan yang matang diperlukan untuk berhasil dalam seleksi yang ketat dan kompetitif. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi seleksi:

  1. Memahami Materi Seleksi

Memahami materi ujian dengan cermat yang mencakup pengetahuan umum, keahlian khusus sesuai dengan formasi yang akan dipilih, serta Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Pastikan menguasai setiap konsep, rumus dan pengetahuan agar dapat dengan mudah dalam mengerjakan ujian.

  1. Latihan Soal dan Simulasi Ujian

Dengan berlatih simulasi ujian diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menjawab soal ujian nanti, karena telah terbiasa dengan tipe soal yang sama.  Memanfaatkan berbagai macam media, seperti buku, situs web resmi, hingga aplikasi e-learning yang menyedikan bank soal untuk simulasi ujian online.

  1. Mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Khusus

Mengikuti pelatihan dan bimbingan khusus untuk persiapan seleksi CPNS dan PPPK sangatlah membantu mendapatkan strategi belajar yang efektif, tips dalam menjawab soal, serta panduan langsung dari para ahli dan praktisi berpengalaman.

  1. Meningkatkan Ketrampilan Soft Skills

Selain pengetahuan dan keahlian teknis, penguasaan keterampilan soft skills juga menjadi faktor penting. Kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru akan memberikan nilai lebih dalam seleksi CPNS dan PPPK.

  1. Mempersiapkan Diri Secara Mental dan Fisik

Jangan abaikan pentingnya kesiapan mental dan fisik saat menghadapi seleksi CPNS dan PPPK. Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, menjaga pola makan yang sehat, dan menetapkan jadwal belajar yang teratur. Kelola stres dengan baik, tetap percaya diri, serta jaga motivasi dan semangat untuk terus belajar dan berusaha.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233