Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan prestasi kerja pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Daerah DIY, sejak tahun 2011 diberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) tiap triwulan kepada setiap PNS dan PTT.
Sebagai payung hukum pemberian TPP di Pemerintah Daerah DIY, Gubernur DIY telah menetapkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terakhir Nomor:37.1 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 22 Tahun 2012 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai bagi PNS dan PTT di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY yang mulai berlaku sejak tanggal 1 Juli 2012.
Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai diberikan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, karena masing-masing Instansi akan dinilai kinerjanya. Penilaian kinerja instansi dihitung berdasarkan bobot instansi dan kinerja instansi. Penentuan bobot instansi dengan memerpertimbangkan: unsur-unsur klasifikasi jabatan, kompleksitas pelaksanaan kerja, dampatk pelaksanaan tugas, resiko dan tanggungjawab. Sedangkan kinerja instansi dinilai berdasarkan kriteria sebagai berikut :1) Perencanaan, pengendalian program/kegiatan; 2) Pengawasan; 3) Pengelolaan Anggaran; 4) Pengelolaan sumber daya manusia; 5) Pengelolaan barang; 6) Pengelolaan arsip.
Untuk Triwulan II Tahun 2014, berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor: 157/KEP/2014 tanggal 14 Juli 2014 telah ditetapkan Hasil penilaian Kinerja Instansi, Nilai Tetap dan Tambahan Penghasilan Instansi Triwulan II Tahun 2014 , yakni :
Untuk Triwulan II Tahun 2014, berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor: 157/KEP/2014 tanggal 14 Juli 2014 telah ditetapkan Hasil penilaian Kinerja Instansi, Nilai Tetap dan Tambahan Penghasilan Instansi Triwulan II Tahun 2014 , yakni :
- Hasil Penilaian terhadap kinerja instansi bulan April 2014 sampai dengan 30 Juni 2014, yaitu :
a.Peringkat I ada 23 instansi
b.Peringkat II ada 11 instansi
c. Peringkat III ada 3 intansi, dengan rincian sebagai berikut:
HASIL PENILAIAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DIY |
|||||||||
TRIWULAN II TAHUN 2014 |
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No. |
NAMA INSTANSI |
PERENCANAAN (20%) |
PENGAWASAN (15%) |
PENGELOLAAN ANGGARAN (20%) |
PENGELOLAAN SDM INSTANSI (15%) |
PENGELOLAAN BARANG (20%) |
PENGELOLAAN ARSIP (10%) |
JUMLAH |
PERING- KAT |
1 |
BKD |
193,00 |
141,00 |
196,00 |
133,69 |
196,00 |
82,83 |
942,52 |
1 |
2 |
DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET |
190,33 |
137,50 |
196,00 |
135,81 |
196,17 |
82,51 |
938,32 |
1 |
3 |
BIRO UMUM HUMAS DAN PROTOKOL |
191,00 |
138,00 |
193,00 |
132,76 |
197,00 |
86,04 |
937,80 |
1 |
4 |
BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH |
191,25 |
144,00 |
195,00 |
128,24 |
191,00 |
87,87 |
937,36 |
1 |
5 |
BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT |
188,00 |
150,00 |
194,00 |
136,16 |
193,00 |
75,36 |
936,52 |
1 |
6 |
BIRO HUKUM |
192,81 |
138,00 |
192,00 |
127,98 |
194,00 |
85,67 |
930,46 |
1 |
7 |
BIRO ORGANISASI |
192,00 |
132,00 |
191,00 |
135,32 |
196,00 |
84,04 |
930,36 |
1 |
8 |
INSPEKTORAT |
191,00 |
147,00 |
192,00 |
124,52 |
197,00 |
78,05 |
929,57 |
1 |
9 |
BAPPEDA |
192,00 |
141,00 |
191,00 |
125,09 |
196,00 |
83,41 |
928,50 |
1 |
10 |
DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI |
189,89 |
137,00 |
197,00 |
131,83 |
192,67 |
77,79 |
926,18 |
1 |
11 |
BIRO ADM. PEMBANGUNAN |
191,78 |
135,00 |
195,00 |
128,54 |
189,00 |
86,63 |
925,95 |
1 |
12 |
BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN |
186,26 |
135,00 |
191,00 |
135,12 |
192,00 |
85,02 |
924,40 |
1 |
13 |
BIRO TATA PEMERINTAHAN |
189,37 |
138,00 |
189,00 |
131,57 |
189,00 |
85,29 |
922,23 |
1 |
14 |
SEKRETARIAT DPRD |
184,00 |
141,00 |
194,00 |
130,84 |
193,00 |
78,80 |
921,64 |
1 |
15 |
BIRO ADM. PEREKO DAN SDA |
192,00 |
138,00 |
195,00 |
128,74 |
188,00 |
75,23 |
916,97 |
1 |
16 |
RS GRHASIA |
189,00 |
135,00 |
191,00 |
132,11 |
196,00 |
73,67 |
916,78 |
1 |
17 |
BADAN KESATUAN BANGSA DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT |
189,00 |
141,00 |
191,00 |
130,61 |
190,00 |
71,56 |
913,17 |
1 |
18 |
DINAS SOSIAL |
188,99 |
137,63 |
196,00 |
127,38 |
193,63 |
68,87 |
912,49 |
1 |
19 |
DINAS PERTANIAN |
180,00 |
140,00 |
191,00 |
128,72 |
191,67 |
79,82 |
911,20 |
1 |
20 |
DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA |
191,17 |
132,00 |
195,00 |
129,64 |
192,50 |
70,67 |
910,98 |
1 |
21 |
BADAN KERJASAMA DAN PENANAMAN MODAL |
179,75 |
135,00 |
195,00 |
123,81 |
195,00 |
76,25 |
904,81 |
1 |
22 |
BIRO KESRA DAN KEMASYARAKATAN |
183,00 |
132,00 |
194,00 |
122,48 |
188,00 |
84,88 |
904,36 |
1 |
23 |
DINAS PARIWISATA |
168,62 |
138,00 |
191,00 |
133,64 |
194,00 |
75,03 |
900,29 |
1 |
24 |
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA |
156,44 |
137,00 |
192,00 |
140,28 |
193,33 |
77,88 |
896,93 |
2 |
25 |
SATPOL PP |
187,00 |
132,00 |
193,00 |
125,73 |
189,00 |
70,11 |
896,84 |
2 |
26 |
BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN |
160,00 |
147,00 |
190,00 |
135,08 |
189,00 |
74,91 |
895,99 |
2 |
27 |
BADAN LINGKUNGAN HIDUP |
159,00 |
144,00 |
186,00 |
127,00 |
192,00 |
82,71 |
890,71 |
2 |
28 |
DINAS PUP DAN ESDM |
162,51 |
140,25 |
195,00 |
127,95 |
195,00 |
68,76 |
889,47 |
2 |
29 |
DINAS KESEHATAN |
177,58 |
138,00 |
188,00 |
119,10 |
193,00 |
73,18 |
888,86 |
2 |
30 |
DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN |
178,00 |
138,00 |
192,00 |
122,85 |
194,00 |
60,87 |
885,72 |
2 |
31 |
DISPERINDAGKOP DAN UKM |
178,94 |
139,00 |
191,00 |
116,83 |
191,00 |
60,34 |
877,11 |
2 |
32 |
DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN |
163,00 |
136,50 |
192,00 |
112,81 |
192,00 |
80,50 |
876,81 |
2 |
33 |
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH |
185,00 |
144,00 |
190,00 |
92,58 |
188,00 |
69,25 |
868,83 |
2 |
34 |
DINAS KEBUDAYAAN |
150,38 |
147,00 |
189,00 |
112,28 |
197,00 |
64,16 |
859,82 |
2 |
35 |
PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA SEKRETARIAT KOMISI PEMILIHAN UMUM |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
3 |
36 |
PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA KEMENTERIAN PU |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
3 |
37 |
PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA BAWASLU DIY |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
0,00 |
3 |
2. Nilai Tetap.
a. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai Pemerintah Daerah DIY yaitu Rp. 278.000,-
b. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat I, yaitu Rp. 301.000,-
c. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di Instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat II adalah 90 % dari Nilai Tetap Tambahan Penghasilan Pegawai Pemerintah Daerah DIY, yaitu Rp. 250.200,-
d. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di Instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat III adalah 80 % dari Nilai Tetap Tambahan Penghasilan Pegawai Pemerintah Daerah DIY, yaitu Rp. 222.400,-
Berdasarkan hasil peringkat kinerja instansi tersebut, mulai tahun 2014 tambahan penghasilan pegawai diberikan dengan mendasarkan:
- Penilaian Disiplin (25 %) yakni penilaian yang didasarkan pada ketaatan masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja. Hal ini dapat dilihat dari hasil print out presensi dengan sistem finger print pegawai negeri sipil (PNS) di masing-masing instansi.
- Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (75%), yakni penilaian yang meliputi: a). Capaian Kinerja; b). Orientasi Pelayanan, c). Kerjasama; serta d). Kepemimpinan (khusus pejabat struktural).
Tambahan Penghasilan Pegawai Tri Wulan II Tahun 2014 di Lingkungan Pemda DIY dibagikan kepada masing-masing PNS dan PTT di masing-masing instansi pada akhir bulan Juli 2014.