Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Peringkat Kinerja Instansi di Lingkungan PEMDA DIY Triwulan IV Tahun 2014

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan prestasi kerja pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Daerah DIY, sejak tahun 2011 diberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) tiap triwulan kepada setiap PNS dan PTT.

Sebagai payung hukum pemberian TPP di Pemerintah Daerah DIY, Gubernur DIY telah menetapkan Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang terakhir Nomor: 37.1 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 22 Tahun 2012 tentang Tambahan Penghasilan Pegawai bagi PNS dan PTT di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY yang mulai berlaku sejak tanggal 1 Juli 2012.

Pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai diberikan untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi, karena masing-masing Instansi akan dinilai kinerjanya. Penilaian kinerja instansi dihitung berdasarkan bobot instansi dan kinerja instansi. Penentuan bobot instansi dengan memerpertimbangkan: unsur-unsur klasifikasi jabatan, kompleksitas pelaksanaan kerja, dampak pelaksanaan tugas, resiko dan tanggungjawab.

Sedangkan kinerja instansi dinilai berdasarkan kriteria sebagai berikut :1) Perencanaan, pengendalian program/kegiatan; 2) Pengawasan; 3) Pengelolaan Anggaran; 4) Pengelolaan sumber daya manusia; 5) Pengelolaan barang;6) Pengelolaan arsip.

Untuk Triwulan IV Tahun 2014, berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor: 321/KEP/2014  tanggal 15 Desember 2014 telah ditetapkan Penetapan Hasil Penilaian Kinerja Instansi, Nilai Tetap dan Tambahan Penghasilan Instansi Triwulan IV Tahun 2014 , yakni :

1. Hasil Penilaian terhadap kinerja instansi bulan Oktober sampai dengan Desember (Triwulan IV) Tahun 2014, yaitu :

 

  1. Peringkat I ada 23 (dua puluh tiga) instansi
  2. Peringkat II ada 11 (sebelas) instansi
  3. Peringkat III ada 3 (tiga) instansi, dengan rincian sebagai berikut:

 

HASIL PENILAIAN KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH DIY

TRIWULAN IV TAHUN 2014

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No

NAMA INSTANSI

PERENCANAAN (20%)

PENGAWASAN (15%)

PENGELOLAAN ANGGARAN  (20%)

PENGELOLAAN SDM INSTANSI (15%)

PENGELOLA-AN BARANG (20%)

PENGELOLAAN ARSIP (10%)

JUMLAH

PERINGKAT

1

BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

191,00

150,00

196,00

129,50

192,00

82,39

940,89

1

2

BKD

191,00

141,00

198,00

133,49

196,00

80,84

940,33

1

3

BIRO ORGANISASI

192,00

138,00

194,00

131,70

196,00

87,73

939,43

1

4

BIRO UMUM HUMAS DAN PROTOKOL

189,00

144,00

193,00

129,50

197,00

85,43

937,93

1

5

DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET

189,00

141,00

197,00

132,82

196,17

80,83

936,81

1

6

INSPEKTORAT

188,00

150,00

196,00

122,06

197,00

80,50

933,56

1

7

BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

191,00

135,00

195,00

134,12

192,00

82,11

929,23

1

8

BIRO TATA PEMERINTAHAN

188,00

141,00

196,00

130,37

189,00

84,12

928,49

1

9

BAPPEDA

191,00

147,00

191,00

122,38

196,00

81,00

928,38

1

10

BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN MASYARAKAT

188,00

147,00

193,00

128,11

193,00

78,83

927,94

1

11

BIRO HUKUM

189,00

141,00

191,00

127,20

194,00

83,21

925,41

1

12

DINAS PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

188,15

144,00

197,00

129,17

192,50

71,18

922,00

1

13

BIRO ADM. PEMBANGUNAN

191,00

141,00

192,00

124,50

189,00

82,00

919,50

1

14

DINAS SOSIAL

185,25

141,00

196,00

119,52

193,63

80,07

915,46

1

15

BADAN KESATUAN BANGSA DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT

187,00

141,00

193,00

128,54

189,00

74,55

913,09

1

16

BADAN KERJASAMA DAN PENANAMAN MODAL

189,50

141,00

195,00

116,28

195,00

75,75

912,53

1

17

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA

163,57

138,00

194,00

139,76

193,33

80,34

909,00

1

18

DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI

188,00

135,00

198,00

124,26

192,67

70,07

908,00

1

19

DINAS PERTANIAN

174,00

138,00

190,00

126,03

191,67

87,03

906,72

1

20

RS GRHASIA

190,00

147,00

188,00

116,91

196,00

68,38

906,29

1

21

BIRO KESRA DAN KEMASYARAKATAN

183,00

132,00

195,00

124,02

188,00

82,50

904,52

1

22

SEKRETARIAT DPRD

173,00

141,00

195,00

125,67

194,00

72,22

900,89

1

23

BADAN KETAHANAN PANGAN DAN PENYULUHAN

164,00

150,00

190,00

134,42

190,00

71,86

900,28

1

24

BIRO ADM. PEREKO DAN SDA

162,00

141,00

195,00

132,13

188,00

81,79

899,92

2

25

DINAS KESEHATAN

177,00

138,00

189,00

122,65

193,00

77,09

896,74

2

26

DINAS PARIWISATA

155,00

147,00

192,00

132,40

194,00

76,13

896,53

2

27

SATPOL PP

186,00

141,00

192,00

115,56

190,00

71,51

896,07

2

28

DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN

153,00

144,00

193,00

123,28

192,00

89,03

894,31

2

29

DINAS PUP DAN ESDM

167,75

145,50

196,00

121,26

195,00

68,52

894,03

2

30

DISPERINDAGKOP DAN UKM

174,00

138,00

193,00

124,71

191,00

61,27

881,98

2

31

DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN

174,00

141,00

193,00

108,42

194,33

58,79

869,54

2

32

 

 

 

 

 

DINAS KEBUDAYAAN

166,53

141,00

195,00

93,24

197,00

67,12

859,89

2

33

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH

185,00

141,00

194,00

78,43

189,00

68,47

855,90

2

34

BADAN LINGKUNGAN HIDUP

157,00

141,00

189,00

101,00

192,00

75,10

855,10

2

35

PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA SEKRETARIAT KOMISI PEMILIHAN UMUM

0,00

0,00

 

0,00

 

0,00

0,00

3

36

PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA KEMENTERIAN PU

0,00

0,00

 

0,00

 

0,00

0,00

3

37

PEGAWAI PEMERINTAH DAERAH DIY YANG DIPEKERJAKAN PADA BAWASLU DIY

0,00

0,00

 

0,00

 

0,00

0,00

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Nilai Tetap.

a. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai  Pemerintah Daerah DIY yaitu Rp.270.000,00 (dua ratus tujuh puluh ribu rupiah).

b. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat I, yaitu Rp. 285.000,- (dua ratus delapan puluh lima ribu rupiah).

c. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di Instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat II adalah 90 % dari Nilai Tetap Tambahan Penghasilan Pegawai  Pemerintah Daerah DIY, yaitu Rp. 243.000,- (dua ratus empat puluh tiga ribu rupiah).

d. Nilai tetap Tambahan Penghasilan Pegawai di Instansi dengan Hasil Penilaian Kinerja Instansi Peringkat III adalah 80 % dari Nilai Tetap Tambahan Penghasilan Pegawai  Pemerintah Daerah DIY, yaitu Rp. 216.000,- (dua ratus enam belas ribu rupiah).

 

Berdasarkan hasil peringkat kinerja instansi tersebut, mulai tahun 2014 tambahan penghasilan pegawai  diberikan dengan mendasarkan:

  1. Penilaian Disiplin (25 %) yakni penilaian yang didasarkan pada ketaatan masuk kerja dan mentaati ketentuan jam kerja. Hal ini dapat dilihat dari hasil print out presensi dengan sistem finger print pegawai negeri sipil (PNS) di masing-masing instansi.
  2. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai (75%), yakni penilaian yang meliputi:  a). Capaian Kinerja; b). Orientasi Pelayanan, c). Kerjasama; serta d). Kepemimpinan (khusus pejabat struktural).

 

Tambahan Penghasilan Pegawai Tri Wulan IV Tahun 2014 dibagikan kepada PNS dan PTT di masing-masing instansi/SKPD di Lingkungan Pemda DIY pada bulan Desember 2014.(Lukis/khp)

 


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233