Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Sosialisasi ASN Memayu Dalam Rangka Kecepatan Digitalisasi Layanan Kepegawaian

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Sosialisasi ASN Memayu Dalam Rangka Kecepatan Digitalisasi Layanan Kepegawaian, sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 29 April 2022 melalui TV Lokal Jogja TV dan streaming youtube Jogja TV Official yang dihadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev, Pemimpin Cabang Utama BPD DIY Agus Ridwanta, Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan SIMPEG, Drs. Harry Susan P., M.A., M.A.P.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah DIY dalam hal ini Badan Kepegawaian Daerah DIY sebagai perangkat daerah yang mempunyai ketugasan urusan kepegawaian, sudah melakukan rebranding sistem kepegawaian yang diberi nama ASN Memayu. “Aplikasi ASN Memayu memberikan layanan semua informasi tentang kepegawaian, dengan adanya era digitalisasi kami menyesuaikan dengan rebranding baru dengan logo baru, nama aplikasi SIMPEG menjadi ASN Memayu”, ungkap Amin.

Logo baru melambangkan ketugasan dan pelayanan urusan kepegawaian di Pemda DIY. ASN memayu diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh ASN Pemda DIY, ASN Memayu diciptakan sebagai aplikasi yang user friendly. Aplikasi ASN Memayu sudah bisa diakses melalui Mobile phone dan Komputer, dengan tagline gampil akses, gampil proses dan gampil sukses.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY mengajak ASN Pemda DIY untuk memanfaatkan aplikasi ASN Memayu secara lebih optimal untuk memudahkan penyimpanan data pegawai, update data diri pegawai, dan meningkatkan layanan kepegawaian.

Amin juga menyebutkan bahwa logo ASN Memayu merupakan hasil karya pemenang lomba dari 33 peserta siswa/siswi SMA dan SMK se-DIY dan kemudian dari 3 nominator tersebut didiskusikan dengan Romo Heri Dendi dan disampaikan ke Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dengan adanya ASN Memayu semua data ASN Pemerintah Daerah DIY sudah terintegrasi, semua ASN dapat mengakses datanya melalui gawai (Mobile phone) masing-masing. ASN Memayu sebagai database pegawai ASN Pemerintah Daerah DIY, data pegawai yang sudah digitalisasi, aksesnya mudah, ulpoad secara mandiri, mengecek data juga dapat dilakukan dimana saja tanpa harus dikantor.

“Kemudian Salah satu manfaatnya nanti kartu ATM Aparatur Sipil Negara di Pemda DIY yang sebutannya affinity card, itu nanti Kartu (ID Card) ASN Memayu juga berfungsi sebagai kartu ATM”. imbuh Amin.

Kepala Bidang Perencanaan Pengadaan dan SIMPEG menyampaikan ASN Memayu merupakan branding baru dari Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Pemda DIY, yang merupakan satu harapan besar yang kami bangun untuk menjawab tuntutan layanan kepegawaian berbasis digital. Tujuan dari rebranding salah satunya mengubah persepsi dari ASN, yang tadinya menganggap SIMPEG suatu hal yang kaku. Aplikasi ASN Memayu selain berbasis web juga berbasis mobile (Android dan IOS).

ASN Memayu sudah melakukan integrasi (masih dalam proses dua arah) dengan SAPK Sistem Informasi ASN Badan Kepegawaian Negara Pusat, termasuk juga dengan beberapa OPD yang lain jika membutuhkan data terkait kepegawaian memungkinkan dilakukan untuk proses percepatan layanan di beberapa instansi.

Keunggulan dari ASN Memayu berbasis website menyesuaikan dengan Sistem ASN di Badan Kepegawaian Negara terkait dari manajemen ASN, perencanaan kebutuhan, pengadaan ASN, pengembangan kompetensi, manajemen talenta, pembinaan jabatan fungsional, pemberhentian PNS.  “Aplikasi ASN Memayu berbasis Mobile mempunyai fitur berbahasa Jawa dan ada layanan coaching clinic yang berfungsi jika ada yang bertanya terkait dengan layanan kepegawaian maka kami bisa langsung menjawab”, ujar Harry.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah menyampaikan harapannya bahwa Aplikasi ASN Memayu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh ASN di Pemerintah Daerah DIY, Aplikasi ASN Memayu memudahkan ASN untuk mengelola dokumen kepegawaian sehingga tidak kesulitan dalam pencarian dokumen kepegawaianan pada saat dibutuhkan, cukup membuka Aplikasi ASN Memayu data dapat diunduh secara personal masing-masing. (And)


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233