Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Upacara Bendera Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -71

Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 dilaksanakan di Halaman Badan kepegawaian Daerah DIY, hari rabu tanggal 17 Agustus 2016 yang diikuti seluruh Karyawan/karyawati Badan kepegawaian Daerah DIY.

Dalam sambutan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang dibacakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY R.Agus Supriyanto selaku Inspektur upacara bahwa tema Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan  Republik Indonesia ke 71 kali ini adalah:, INDONESIA KERJA NYATA”.

Dalam cuplikan Pidato pengantar Bung Karno sebelum membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945 jam 10.00 pagi di Pegangsaan Timur Nomor  56 Jakarta.  “Sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil sikap nasib bangsa dan nasib Tanah Air kita di dalam tangan kita sendiri. Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri akan dapat berdiri dengan kuatnya”.

Gaung suara yang hanya beberapa detik itu adalah sebuah peristiwa besar yang telah mengubah jalan sejarah bangsa Indonesia . Sekalipun sangat sederhana tetapi berlangsung dengan penuh kekhidmatan. “Gema lonceng kemerdekaan “ itu terdengar keseluruh pelosok Nusantara dan menyebar ke saentero dunia.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dalam sambutan selanjutnya dengan tema INDONESIA KERJA NYATAIndonesia memerlukan banyak Pemimpin-Pekerja yang memimpin dengan bekerja, petarung lapangan tidak sekedar duduk di meja. Pemimpin tipe ini, ibarat pohon, letak solusinya bukan pada buahnya, melainkan ada di akar-akarnya, dengan selalu memeriksa  sampai “kapan” dan “bagaimana” kebijakan dijalankan.

Tema ini juga mengisyarakatkan, bahwa kerja keras dan cerdas itu mendesak untuk diwujudkan, karena ketimpangan kesejahteraan terasa semakin dalam dan penegakan hukum belum memenuhi rasa keadilan di tengah maraknya virus korupsi yang sistematik.

Maka, marilah kita kembali pada Semangat Proklamasi yang memiliki jiwa merdeka, keikhlasan berkorban, tekad bersatu dengan kesadaran hidup dalam kebhinekaan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Adil berkenan menunjukkan arah di jalan lurus-Nya, agar Semangat Proklamasi 1945 tetap di relnya yang benar sesuai tantangan zaman.

Spirit itu harus kita jaga, kita pelihara dan kita kembangkan agar dapat memetik buahnya secara adil dan merata sehingga pekik merdeka yang kita teriakkan setiap 17 Agustus mampu membuahkan hasil tercapainya misi menyejahterakan dan mencerdaskan bangsa.

Akhir kata, Dirgahayulah Rakyat, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia!  Sekali Merdeka, Tetap Merdeka !


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233