Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Kerjasama Pengukuran Kompeten Pegawai dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut

Untuk pertama kali Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melakukan kerjasama pengukuran kompetensi bagi para pejabatnya dengan Pemda DIY.

Kerjasama didahului dengan penandatanganan naskah kesepakatan dan naskah kerjasama yang telah dilakukan pada tanggal 2 Oktober 2015 di Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai DIY oleh Kepala BKD DIY mewakili Gubernur DIY dan Kepala BKD Tanah Laut mewakili Bupati Tanah Laut.

Pengukuran kompetensi pegawai bagi pejabat Eselon III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut berlangsung selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 7 sampai 8 Oktober 2015 menggunakan metode Assessment Center. Pada kesempatan ini, Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai DIY, Drs. Eko Nuryanta membacakan sambutan Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY.

Dalam sambutannya, Kepala BKD DIY menyatakan dengan ditetapkannya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), maka PNS sebagai unsur ASN diharapkan mampu menjalankan peranan sebagai penyelenggara pelayanan publik bagi masyarakat yang memiliki integritas, profesional, netral, bebas dari intervensi politik, bersih dari praktek KKN. Untuk menciptakan konsistensi perilaku aparatur pemerintah tersebut perlu dilakukan pembenahan Manajemen SDM aparatur dengan mempertimbangkan faktor kompetensi pegawai sebagai kunci keberhasilan kerja. Salah satu langkah dalam penataan Manajemen SDM aparatur adalah pengukuran kompetensi individu (asessment) untuk memperoleh Peta Profil Kompetensi Individu.  

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanah Laut, Drs. Husein Irianta yang mendampingi peserta sekaligus mewakili Bupati Tanah Laut, juga menyampaikan maksud dan tujuan dari pengukuran kompetensi, yang baru pertama kali dilakukan pada pejabat struktural ini adalah untuk melaksanakan amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 yang mensyaratkan adanya uji kompetensi bagi seseorang yang akan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT).

Para pejabat yang telah mengikuti pengukuran kompetensi akan dimasukkan dalam talent pool sehingga apabila suatu saat terdapat jabatan yang kosong, pengisian pejabat yang kompeten dapat segera dilakukan. Kerjasama ini akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan psikotes bagi staf potensial  yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 sampai dengan 16 Oktober 2015 bertempat di Kabupaten Tanah Laut.(netty/PKP) 

 


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233