Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

519 ASN Pemda DIY Menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya

Menjelang HUT Ke-79 RI, sebanyak 519 PNS Pemda DIY menerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya. Pergelaran acara dilaksanakan pada hari Kamis (15/8) bertempat di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta. Tidak hanya di hadiri Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, acara turut dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, Forkopimda DIY, Sekda DIY, dan Kepala OPD di lingkungan Pemda DIY.

Pemerintah menunjukkan perhatian terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan memberikan berbagai penghargaan. Salah satu penghargaan tersebut adalah tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya. Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1994 tentang Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, disebutkan bahwa penghargaan ini diberikan oleh Negara kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara, dan Pemerintah.

Satyalancana Karya Satya, merupakan sebuah pengakuan atas kerja keras dan pengabdian panjang Pegawai Negeri Sipil yang telah mengabdi dengan menunjukkan keterampilan, disiplin, kesetiaan, dan dedikasi, sehingga menjadi teladan bagi pegawai lainnya. Satyalancana Karya Satya dan dibagi menjadi tiga kategori: Satyalancana Karya Satya 10 Tahun, Satyalancana Karya Satya 20 Tahun, dan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun.

Dalam pidato sambutannya, Sri Sultan menyampaikan, “pemberian penghargaan simbol dari dedikasi, komitmen, dan loyalitas Bapak/Ibu sekalian, dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada negara. Tidak hanya itu, Satyalancana Karya Satya merupakan sebuah pengakuan atas kerja keras, dan pengabdian panjang yang telah Bapak/Ibu berikan. Ini adalah bukti nyata bahwa pengabdian yang tulus dan konsisten, yang diiringi dengan integritas dan profesionalisme, akan selalu mendapatkan tempat yang terhormat, di hati masyarakat, dan bangsa”.

Secara keseluruhan jumlah PNS Pemda DIY yang mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Presiden RI Tahun 2024 sebanyak 524 orang, namun terdapat 5 orang PNS yang telah meninggal dunia. Sehingga tersisa 519 yang mendapatkan Tanda Kehormatan dengan rincian 223 orang menerima tanda kehormatan atas 30 tahun masa pengabdian, 89 orang atas pengabdian 20 tahun, dan 207 orang atas masa pengabdian 10 tahun. Penyerahan dan penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dilakukan oleh Sri Sultan, Ketua DPRD DIY, Kapolda DIY, Danrem 072/Pamungkas, dan Kajati DIY secara bersamaan. Tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada para PNS yang telah melaksanakan tugasnya dan telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan serta prestasi kerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

 “Semoga tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya pada hari ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk menjadi lebih baik di masa yang akan datang.” Tutur Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X 


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233