Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Badan Kepegawaian Daerah DIY Mendukung dan Menyambut Penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tahun 2022

Kontingen Sulawesi Selatan yang mengikuti Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tahun 2022 tiba di Yogyakarta (20/6/2022). Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Amin Purwani S.H., M.Ec.Dev,  Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah DIY, Drs. Teguh Suhada, M.Si, perwakilan dibidang terkait lainnya menyambut kedatangan Kontingen dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Ketua Umum LPPD Provinsi Sulawesi Selatan, Ellong Tjandra, SE, MM di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA), Kepek, Palihan, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo.

“Sugeng Rawuh para peserta Kontingen Provinsi Sulawesi Selatan, kami Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal ini sebagai OPD Badan Kepegawaian Daerah DIY siap mendukung dan menyukseskan gelaran PESPARAWI Nasional XIII”, ujar Amin.

Badan Kepegawaian Daerah DIY mendukung dan menyambut penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) XIII Tahun 2022 yang digelar pada 19-26 Juni 2022. Peserta pada agenda tersebut berasal dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Kegiatan yang diadakan tiga tahun sekali ini mengusung tema mengusung tema “Harmony in Diversity (Harmoni Dalam Keberagaman)”, dengan harapan kegiatan ini dapat memupuk rasa kesatuan dan penguatan kerukunan umat beragama dan menguatkan moderasi beragama dengan keberagaman baik secara internal ataupun antar umat beragama.

PESPARAWI Nasional (Pesta paduan Suara Gerejawi Tingkat Nasional) yang telah melalui perjalanan yang panjang (kurang lebih 30 tahun) lahir dari semangat untuk memberikan kesaksian kabar baik secara bersama-sama dari gereja-gereja di Indonesia, saat ini tidak lagi eksklusif menjadi milik kalangan gerejawi melainkan telah menjadi milik masyarakat umum. Sejak penyelenggaraan PESPARAWI Nasional I tahun 1983 hingga sekarang, keterlibatan masyarakat luas dari berbagai kalangan agama maupun ras dalam penyelenggaraan PESPARAWI Nasional baik sebagai penyelenggara maupun pengunjung atau penikmat perlombaan menandakan bahwa kegiatan ini telah memberikan aura positif bagi masyarakat Indonesia secara luas.

PESPARAWI merupakan acara rutin yang digelar dalam tiga tahun sekali. Pada gelaran yang ke-XIII ini seharusnya diadakan pada Tahun 2021, namun harus ditunda hingga tahun ini karena pandemi Covid-19. Rangkaian PESPARAWI XIII dimulai dengan karnaval yang dimulai di titik nol Kota Yogyakarta dan berakhir di komplek Kepatihan pada hari Minggu, 19 Juni 2022 pukul 15.30-selesai. Rangkaian acara PESPARAWI sendiri akan berlangsung pada 19-26 Juni 2022. Setiap provinsi di Indonesia akan mengirimkan perwakilannya untuk bertanding di Yogyakarta yang menjadi tuan rumah PESPARAWI XIII.

Pesparawi Nasional XIII mempertandingkan 12 kategori lomba yang terdiri dari Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Dewasa Wanita, Paduan Suara Dewasa Pria, Paduan Suara Remaja Putra Puteri, Paduan Suara Anak (usia 7-13 tahun), Musik Pop Grejawi (MPG), dan Musik Gerejawi Nusantara (MGN), Vocal Group Remaja Putra Puteri, Solo Remaja Putra, Solo Remaja Putri, Solo Anak (usia 7-9 tahun), Solo Anak (usia 10-13 tahun).

Penyelenggaraan lomba PESPARAWI XIII tersebar di empat lokasi, yaitu Gedung Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Gedung Pertunjukkan Univesitas Negeri Yogyakarta (UNY), Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma (USD), dan Concert Hall Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI).

“Para peserta kontingen harus menjaga stamina, kesehatan, dan istirahat yang cukup agar dapat secara maksimal pada saat perlombaan, Selamat berlomba dan Semoga meraih prestasi yang terbaik”, harap Amin.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233