Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Tes Psikologi Dalam Rangka Seleksi Mutasi Masuk Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta

Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY menyelenggarakan Tes Psikologi dalam rangka Seleksi Mutasi Masuk Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara dilaksanakan pada Rabu 3 Mei 2023 diikuti oleh 30 peserta yang terbagi dalam 2 sesi dengan 15 peserta di setiap sesinya. Tes Psikologi ini merupakan salah satu tahapan seleksi yang harus diikuti oleh peserta seleksi mutasi PNS masuk Pemerintah Daerah DIY dan Akuisisi Talenta Eksternal. Selain itu peserta harus mengikuti tahapan tes lain seperti Tes Subtansi di mana peserta harus mengirimkan video profil diri dan penulisan makalah yang berisi gagasan dan inovasi, selanjutnya peserta juga akan mengikuti Tes Wawancara dan Tes Kesehatan.

Acara Tes Psikologi ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Bapak Poniran, S.I.P., M.A. mewakili Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY didampingi Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M. Dalam sambutan yang disampaikan dalam pembukaan acara Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Bapak Poniran, S.I.P., M.A. menyampaikan bahwa pengukuran ini merupakan salah satu tahapan dalam proses seleksi mutasi masuk Pemda DIY yang harus diikuti oleh peserta. Tahapan Tes Psikologi ini bertujuan untuk memotret potensi dan kompetensi peserta seleksi dan sebagai calon talent eksternal. Para peserta diharapkan dapat mengikuti tahapan Tes Psikologi ini dengan baik, agar potensi dan kompetensi para peserta dapat terpotret dengan baik.

Sementara itu Kepala Balai Pengukuran Kompetensi Pegawai BKD DIY Bapak Drs. Aris Widaryanto, M.M. menyampaikan teknis pelaksanaan pengukuran menggunakan Tes Psikologi. Tes Psikologi untuk menilai potensi PNS dilakukan berbasis Computer Assisted Test (CAT) dengan  menggunakan aspek sesuai Permenpan RB no. 3 tahun 2020 tentang Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara. Tes Psikologi untuk menilai kemampuan intelektual, kemampuan interpersonal, kesadaran diri, kemampuan berpikir kritis dan strategis, kemampuan menyelesaiakan permasalahan, kecerdasan emosional, kemampuan belajar cepat dan mengembangkan diri, serta motivasi dan  komitmen talenta. Tes Psikologi ini dinilai dengan menggunakan 3 instrumen yang dikembangkan dengan bekerjasama dengan pihak yang berkompeten di bidangnya meliputi Galang Satrio Adaptibility Test (GSAT), Triadic Intelligence Computerized Test (TICT), dan Manajerial Situational Judgment Test (MSJT).


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2023 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233