Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Kunjungan Kerja Sekretariat Jendral DPD RI Dalam Rangka Benchmarking Reformasi Kinerja Pegawai

Yogyakarta- Badan Kepegawaian Daerah DIY menerima kunjungan kerja Sekretariat Jendral DPD RI, Senin 20 Mei 2024 diruang Rapat Sidoluhur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Studi Tiru (Benchmarking) Reformasi Pengelolaan Kinerja Pegawai di Lingkungan Pemda DIY. Acara ini disambut dan dibuka oleh perwakilan BKD DIY, Widanta Arintaka selaku Kepala Bidang Kedudukan Hukum dan Kesejahteraan Pegawai.

Poedji yang merupakan ketua rombongan, dalam sambutannya mengatakan, Benchmarking ini sangat diperlukan mengingat perubahan yang kian dinamis dalam manajemen ASN di perlukan refreshmen untuk dapat dijadikan strategi dalam pengelolaan kinerja pegawai.

Widanta mengucapkan selamat datang dan membuka dengan memaparkan pengelolaan kinerja pegawai dilingkungan Pemda DIY. Penerapan manajemen kinerja digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai kontribusi ASN atas proses penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu diperlukan penilaian kinerja yang akurat dan obyektif. Penilaian kinerja yang efektif dapat dimanfaatkan sebagai dasar untuk mengembangkan pegawai, pemberian kesejahteraan, penilaian kinerja aparatur dan sebagainya. Penilaian kinerja pegawai di Pemda DIY sudah menggunakan aplikasi https://si-informan.jogjaprov.go.id/, aplikasi ini digunakan untuk mengisi Dialog Kinerja Individu (DIARINDU) dan Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Kinerja PNS). Dialog Kinerja Individu (DIARINDU) merupakan dialog kinerja antara pimpinan dengan pejabat dan pegawai dibawahnya secara efektif dan berkala sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi kinerja. Sedangkan Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Kinerja PNS) adalah rencana kinerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS yang harus dicapai setiap tahun. Penilaian kinerja individu harus inline dengan sasaran kinerja organisasi, karena setiap individu yang ada dalam organisasi harus mensukseskan kinerja organisasinya.

Kegiatan studi banding ini menjadi sharing session antara Sekretariat Jendral DPD RI dan BKD DIY, tentunya tujuannya untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan manajemen ASN. Best Practice yang sudah ada baik di Lingkungan Sekretariat Jendral DPD RI maupun di Lingkungan Pemda DIY akan menjadi penyegaran dari sebuah sebuah ikhtiar untuk terus berbenah diri dalam memperbaiki pengelolaan kinerja kepegawaian. Dinamika dalam manajemen kepegawaian yang cukup tinggi menuntut organisasi harus terus belajar karena tantangan kedepannya akan jauh lebih banyak.


Profil Singkat BKD DIY

Badan Kepegawaian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan lembaga kepegawaian yang  ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan perkembangan dari lembaga kepegawaian yang ada sebelumnya.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233