Berita Terkait BKD D.I. Yogyakarta

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Sekolah dan Jabatan Fungsional Pertama di Lingkungan Pemda DIY

“PARIKAN Jawa “Ajining diri dumunung ana ing lathi, ajining raga ana ing busana”, tampaknya tepat sebagai pengingat bagi kita semua, khususnya para Kepala Sekolah dan guru sebagai insan pendidikan yang diambil sumpahnya pada hari ini.”, ucap Sekretaris DIY, Beny Suharsono saat membuka sambutannya pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Sekolah dan Jabatan Fungsional Pertama, Rabu (31/05/2023).

Beny menjelaskan bahwasanya insan pendidik sudah semestinya menjadi role model yang ideal bagi para siswa, mulai dari mentransfer ilmu hingga menjaga Marwah dan etika dalam segala perbuatannya. “Perlu disadari sepenuhnya, bahwa fitrah seorang guru adalah menjadi sosok yang digugu lan ditiru, selaras dengan nilai Yoga Angangga Yogi— bahwa cara berpikir dan karakter seorang murid, bisa jadi merupakan cerminan, atau replikasi dari para pendidiknya”, lanjut Beny.

Sebanyak 160 Pejabat yang dilantik terdiri dari 5 Kepala Sekolah dan 155 Pejabat Fungsional Pengangkatan Pertama.

Dalam kesempatan yang sama, Beny juga menyampaikan bahwa guru adalah salah satu wajah pendidikan dan budi pekerti yang menjadi roh pendidikan Indonesia. Guru merupakan sumber pengetahuan, dimana setiap orang dapat menyerap ilmu darinya. Beny juga berharap insan pendidik harus senantiasa arif dan bijak, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Sekolah dan Jabatan Fungsional Pertama dihadiri oleh Ketua DPRD DIY, Kepala Kantor Regional I BKN dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah DIY.


© 2024 BKD D.I. Yogyakarta. All Rights Reserved.
  • 0274-562150 fax. Psw 2903, (0274) 512080
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Jl. Jenderal Sudirman No. 5, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta kode pos 55233